Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Seorang Hakim Pengadilan Distrik Amerika Serikat menolak sebuah gugatan kepala Dinas Pemadam Kebakaran Atlanta setelah pemerintah kota tersebut memecatnya karena telah mendistribusikan buku homofobia di tempat kerja.

Pada tahun 2015, Kelvin Cochran membagikan buku berbasis keyakinan yang berjudul Who Told You That You Were Naked? kepada bawahannya. Dalam buku tersebut, dia menyamakan homoseksualitas dengan bestialitas.

Pada tanggal 6 Januari 2015, dia dipecat setelah menjalani suspensi 30 hari tanpa dibayar.

Kelvin Cochran mengajukan tuntutan hukum kepada pemerintah Atlanta yang menantang pemecatan tersebut.

Pada hari Rabu (20/12), Hakim Leigh Martin May tidak mengabulkan tuntutan Kelvin Cochran. Hakim tidak membiarkan Kelvin Cochran menang atas dasar kebebasan berbicara, berasosiasi, dan agama.

“Meskipun penggugat berpendapat bahwa buku tersebut ditujukan kepada orang-orang Kristen, buku tersebut disebarkan oleh seorang supervisor di tempat kerja dan bahkan didistribusikan tanpa diminta kepada setidaknya tiga orang,” tulis hakim dalam keputusannya.

“Paling tidak satu karyawan seperti itu merasa tidak berkenan dengan pokok bahasan buku ini sehingga dia memberikan buku itu kepada presiden serikat pekerja, dan presiden serikat pekerja kemudian menyebarkannya lebih luas kepada pejabat kota.”

Hakim selanjutnya menemukan ada alasan yang cukup untuk memecat Kelvin Cochran karena dia ‘memperlihatkan lingkungan kerja yang bermusuhan (homofobik) kepada pemerintah kota’.

Namun, Hakim menemukan satu hal lagi yang berkaitan dengan kasus Kelvin Cochran.

Hakim menemukan bahwa klaim pemerintah kota kepada penggugat agar mendapatkan otorisasi untuk mendistribusikan bukunya adalah tindakan yang tidak konstitusional. Hakim membuat keputusan tersebut berdasarkan peraturan sebelumnya yang mengekang, yang juga dikenal sebagai penyensoran. (R.A.W)

Sumber:

GSN