Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Irlandia telah sampai di ambang waktu pemilihan Perdana Menteri dengan salah satu calonnya adalah seorang gay yang melela. Leo Varadkar,  yang menjabat sebagai Menteri Kesejahteraan dijagokan untuk maju dalam pemilihan sebagai Perdana Menteri. Jika terpilih, Leo bukan saja menjadi  Perdana Menteri Irlandia pertama yang melela sebagai gay, dia juga akan menjadi pemimpin negara yang berdarah India pertama di Irlandia, serta sebagai orang termuda yang memimpin Irlandia pada usia 38 tahun.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, Nora Owen, mantan anggota parlemen Irlandia yang dilantik pada tahun 1981 mengatakan bahwa dia belum pernah membayangkan jika ada seorang gay yang mampu mencapai posisi jabatan sebagai Perdana Menteri, adalah sebuah sejarah besar bagi Irlandia jika Leo dapat terpilih menjadi Perdana Menteri.

“Fakta bahwa seseorang seperti Leo Varadkar, seorang lelaki gay melela yang tinggal bersama dengan pasangannya; dapat menempatkan dirinya di garis depan sebagai pemimpin dan tidak ada seorang pun yang memandangnya dengan sebelah mata adalah sebuah hal yang sangat indah. Saya pikir ini adalah sebuah hari yang besar bagi Irlandia” katanya.

Jika terpilih, Leo Varadkar akan berada di urutan keempat dalam daftar pemimpin negara yang melela sebagai gay di era modern.

Irlandia mendekriminalisasi homoseksualitas pada tahun 1993 dan mengesahkan hukum perceraian pada tahun 1995. Dua tahun lalu, negara yang dulu konservatif sekarang menjadi negara pertama yang mengesahkan kesetaraan pernikahan yang dipilih oleh suara terbanyak.

“Memiliki anggota parlemen yang melela sebagai gay dan mampu mencapai jabatan Perdana Menteri akan mengirimkan sebuah pesan penting kepada generasi muda LGBT Irlandia bahwa orientasi seksual, jenis kelamin atau aspek apapun dari identitas diri mereka seharusnya tidak menjadi faktor yang mencegah dalam mencapai aspirasi dan impian mereka dalam kehidupan” kata Adam Shanley, pimpinan dari Gay Switchboard Irlandia.

Proses pemilihan suara akan dijadwalkan pada hari Jum’at, 2 Juni 2017. (R.A.W)

Sumber:

Star Observer