Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Dalam suasana riang gembira, panitia pelaksana Awadh Pride Parade melangsungkan acara parade LGBT di kota Lucknow, sebuat kota besar di bagian utara India minggu lalu. Panitia bekerja keras untuk melangsungkan acara tersebut dengan kemeriahan yang sulit untuk dilupakan. Dengan bendera pelangi dan balon-balon warna-warni menghiasi jalan di kota Lucknow, LGBT India berparade sambil bersolek dan membawa spanduk bertuliskan slogan-slogan seperti ‘My Body My Rights’, ‘Humari Azadi Hum Chheen Ke Lengey’, ‘Hum Jhoom Ke Lengey’ and ‘I am Gay and It’s Okay!’ tak jarang mereka terpaksa berhenti sejenak agar bisa diabadikan oleh masyarakat sekitar melalui kamera ponsel mereka.

Parade dimulai dari daerah Sikandarbagh Chauraha, mereka berjalan sekitar 1,5 kilometer menuju Gandhi Park di daerah Hazratganj. Barisan parade tersebut bukan hanya diisi oleh LGBT lokal kota Lucknow namun banyak juga peserta dari seluruh negeri. Venkatesh, yang berasal dari Kolkatta merasa takjub dan gembira bisa ikut menjadi bagian dari parade tersebut. “Saya kagum dengan banyaknya orang dari komunitas kami datang ke acara parade ini. Ketika saya tida di Lucknow, saya mengira paling tidak hanya ada 50 orang yang datang. Namun kenyataannya ratusan orang datang menghadiri dan menjadi bagian dari parade ini, ini adalah momen yang membanggakan bagi kami semua”.

Darvesh Singh Yadavendra, panitia penyelenggara mengatakan bahwa dia juga terkejut dengan antusiasme peserta yang datang dan mendukung acara tersebut. Dia merasa makin tergerak untuk menyelenggarakan parade yang lebih meriah. “Ini adalah langkah awal, perjalanan kami masih panjang, parade ini akan berlangsung di Lucknow setiap tahun”. Kata Darvesh.

Dengan Janggutnya yang berwarna pelangi, Ram, seorang peserta parade yang juga menjalankan sebuah LSM menjadi pusat perhatian. “Ide untuk mewarnai janggut saya saya ingin menunjukkan kepada orang bahwa saya gay tanpa harus memegang bendera atau memakai lencana berwarna pelangi. Saya ingin merayakan tubuh saya dan menunjukkan kenapa saya hadir di tempat ini”. Ujarnya.

Rohan Pujari, runner-up kontes Queer India yang datang dari Mumbai mengatakan bahwa di Mumbai dan Delhi mereka hanya bisa berharap orang-orang akan datang, namun di Lucknow dengan ramainya partisipan dia merasa bangga.” Saya melihat begitu ramainya orang yang datang, menurut saya kota Lucknow keren!”.

Dan bukan saja LGBT yang datang ke acara tersebut, banyak juga heteroseksual yang datang untuk mendukung mereka. “Saya datang disini untuk mendukung kawan saya yang gay. Kami kuliah di kampus yang sama dan berteman baik. Dia ingin saya satang karena ini adalah momen besar dalam hidupnya. Jadi, walaupun saya bukan gay, saya datang sebagai warga negara India dan ikut berjuang untuk hak-hak bagi teman saya dengan orientasi seksualnya”. Kata Akshat, seorang mahasiswa.

Akhirnya semua orang berkumpul di Gandhi Park, mereka menari sebagai selebrasi atas keberhasilan mereka menyelenggarakan parade dan berjanji akan bertemu lagi di Lucknow pada parade tahun depan. (R.A.W)

Sumber: India Times