Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Hubert Edward Spires diberhentikan secara paksa dari Angkatan Udara Amerika pada tahun 1948 setelah komandannya ingin “membersihkan” gay dari militer. Sekarang 69 tahun kemudian, Angkatan Udara merubah catatan mereka terhadap Hubert menjadi diberhentikan secara terhormat.

Hubert adalah salah satu contoh dari sekian banyak veteran gay -yang terdiskriminasi di dalam kemiliteran- yang memperoleh keuntungan dari kebijakan “Don’t ask don’t Tell” pada tahun 2010.

Hubert mengajukan permohonan perubahan status terhadapnya tahun 2014, namun tidak mendapat respon. Hubert akhirnya memutuskan untuk mengajukan tuntutan kepada Angkatan Udara Amerika. Saat itu Hubert sedang berjuang melawan penyakin pneumonia yang diidapnya dan dia ingin dimakamkan secara militer.

Minggu lalu Hubert akhirnya mendapatkan informasi bahwa pengadilan berpihak kepadanya dan merekomendasikan agar statusnya berubah menjadi diberhentikan secara terhormat dalam catatan kemiliterannya.

Hubert kini tinggal bersama pasangannya David Rosenberg. Mereka bertemu tahun 1956 dan menikah sekitar 8 tahun yang lalu. (R.A.W)

Sumber:

MIC