Search
Close this search box.

img_0069-1

SuaraKita.org – Parlemen California mengajukan Rancangan Undang-Undang untuk membantu remaja LGBT mengatasi masalah depresi dan keinginan untuk bunuh diri. AB2246 mewajibkan sekolah negeri di negara bagian tersebut untuk memiliki rencana penanggulangan bunuh diri secara komprehensif bagi anak didik mulai dari kelas 7 sampai kelas 12. RUU ini disusun oleh anggora parlemen Patrick O’Donnell bekerja sama dengan LSM Equality California dan  Trevor Project. RUU tersebut diharapkan akan ditanda tangani oleh gubernur Jerry Brown.

“Berdasarkan pengalaman saya sebagai guru, tenaga pendidik sering kali menjadi baris pertama pertahanan jika anak didik mengalami depresi dan keinginan untuk bunuh diri” kata Patrick, yang juga pimpinan Komite Pendidikan.

Selama ini California hanya menyarankan sekolah sekolah untuk memiliki rencana penanggulangan bunuh diri. Dengan AB2246, sekolah-sekolah diwajibkan untuk membuat protokol tentang keterlibatan dalam penanggulangan serta tindakan lebih lanjut yang disusun bersama para ahli penanggulangan bunuh diri, orang tua, aliansi siswa dan ahli kesehatan jiwa.

RUU ini juga mewajibkan Departemen Pendidikan California membuat sebuah proyek percontohan untuk dijadikan acuan.

“”Terlepas dari statistik  tentang kasus bunuh diri pada remaja, California tertinggal dari banyak negara bagian lain dalam kewajiban dari setiap sekolah untuk kebijakan pencegahan bunuh diri” kata Rick Zbur, direktur eksekutif Equality California.

“Dengan besarnya keinginan untuk bunuh diri 4 kali lebih besar dibandingkan dengan non-LGBT, AB2246 akan menyelamatkan nyawa remaja LGBT” tambahnya.

Jika RUU ini disetujui, California manjadi negara bagian pertama yang mewajibkan sekolah sekolah untuk memiliki rencana penanggulangan bunuh diri untuk remaja LGBT di tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.  Bulan september juga diperingati sebagai Bulan Pencegahan Bunuh Diri. (R.A.W)

Naskah AB2246 dapat diunduh dibawah ini

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2016/09/AB2246.pdf”]

Sumber

newnownext