Search
Close this search box.

Buku Rencana Strategis Suara Kita 2015-2020

Sampul buku Renstra Suara Kita 2015-2020 (Foto : Suara Kita)
Sampul buku Renstra Suara Kita 2015-2020
(Foto : Suara Kita)

Suarakita.org- Awal tahun 2015 lalu, Suara Kita mengadakan Rencana Strategis (Renstra) untuk periode 2015-2020. Tujuan Renstra ini adalah untuk mendapatkan masukan baik itu internal maupun jaringan terhadap kinerja Suara Kita selama ini. Kemudian tujuan yang kedua adalah untuk mendapatkan gambaran besar kerja Suara Kita lima tahun ke depan.

Ada beberapa tahap yang dilalui dalam perencanaan strategis ini. Tahap pertama adalah assessment. Suara Kita menyebarkan angket ke jaringan kerja Suara Kita baik itu personal maupun kelembagaan. Dari 50 angket yang, ada 32 angket yang kembali ke Suara Kita. Angket-angket akan menunjukkan secara garis besar persepsi publik terhadap Suara Kita. Hasil angket ini akan dikembangkan secara lebih mendalam di proses renstra selanjutnya.

Tahap kedua dari renstra ini adalah focus group discussion (FGD). Suara Kita mengadakan FGD di wisma PKBI pada Selasa, 13 Januari 2015. Di FGD ini Suara Kita mengundang perwakilan jaringan kerja Suara Kita. Mereka adalah kelompok mahasiswa, aktivis LGBT, lembaga donor, aktivis perempuan dan aktivis pluralisme. 30 peserta hadir dalam FGD ini. Dalam FGD, banyak peserta memberikan masukan kepada Suara Kita. Salah satunya adalah meminta Suara Kita agar turut pula berperan dalam advokasi tingkat internasional.

Tahap Ketiga adalah Seminar Umum yang bertajuk Masa Depan Gerakan LGBT Dalam Pemerintahan Baru. Seminar ini dilaksanakan pada Senin, 19 Januari 2015 di Aula Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Jakarta Pusat. Dalam Seminar ini, Suara Kita mengundang Nurkhoiron dari Komnas HAM, Alex Junaidi dari Serikat Jurnalis Untuk Keberagaman (SEJUK), Jaleswari Pramodhani dari Setkab Pemerintahan Jokowi dan Tunggal Prawestri, program officer Hivos untuk kelompok LGBT. 54 orang dari berbagai kalangan hadir dalam diskusi ini.

Tahap keempat adalah Rapat Renstra yang diadakan selama tiga hari, Selasa – Kamis, 20 – 22 Januari 2015. Di Rapat Renstra ini Suara Kita difasilitasi oleh Lili Hasanudin staf The Asia Foundation. Di tahap ini, Suara Kita mulai menentukan langkah strategis untuk lima tahun ke depan.

Tahap Kelima adalah rapat finalisasi renstra yang diadakan selama tiga hari, 28, 30 januari dan 3 Februari 2015 di sekretariat Suara Kita. Di rapat ini, Suara Kita mengerucutkan program kegiatan apa yang akan dilakukan guna mendukung tercapainya visi Suara Kita untuk periode 2015 – 2020.

Kemudian semua tahapan Renstra didokumentasikan dalam bentuk buku Rencana Strategis Perkumpulan Suara Kita. Buku ini dibuat dalam dua versi; Inggris dan Indonesia yang kemudian akan disebar ke publik. (Tim Penulis)

 

Dokumen bisa diunduh di sini. The english version can be downloaded here.