Search
Close this search box.

[Foto] Pertemuan LSM Sedunia Untuk Pembangunan Berkeadilan

Pertemuan LSM seluruh dunia untuk pasca MDGs 2015 di Nusa Dua Bali. (Foto: Hartoyo/Ourvoice)

Ourvoice.or.id –Sekitar 300 masyarakat sipil dari 31 negara mengadakan pertemuan global untuk membahas strategy pembangunan pasca 2015 di Hotel Goodway Nusa Dua Bali, 23-25/3/2013.

Menurut Ruby Kholifah, salah satu selaku penanggungjawab pertemuan mengatakan bahwa tujuan pertemuan kali ini untuk mendengarkan dan mengumpulkan pengalaman komunitas diseluruh dunia atas pembangunan kemanusiaan yang terjadi selama ini. Terutama bagaimana posisi kelompok rentan/marginal dalam pembangunan yang disusun oleh pemerintah. Pertemuan kali ini diberikan tema ‘Strengthening the Global Comunnity’s Voices’.

Hasil dari pertemuan masyarakat sipil ini pada Senin (25/3) mendatang akan dibawah dalam pertemuan HLP yang akan berlangsung di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali. HLP adalah panel yang menjalankan konsultasi-konsultasi publik untuk agenda pembangunan pasca Millenium Development Goals (MDGs). HLP kali ini adalah pertemuan keempat sejak dibentuk Juli 2012, oleh Sekretaris Jenderal PBB.

Pertemuan HLP akan dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, yang ditunjuk Sekjen PBB Ban Ki-moon sebagai pimpinan HLP.

High Level Panel-HLP diketuai oleh tiga kepala negara yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, David Cameron dan Ellen Johnson Sirleaf. HLP memiliki 27 anggota. Anggota HLP ini cukup beragam termasuk pejabat setingkat menteri (Swedia dan Korea Selatan), wakil sektor swasta (seperti Unilever), lembaga pemikir (John Podesta-AS dan Abijit Banerje-India) serta wartawan senior.

HLP memiliki mandat dan tugas utama menyusun dokumen pembangunan pasca 2015 sebagai rujukan dan masukan kepada PBB. Pertemuan-pertemuan HLP sebelumnya diselenggarakan di New York, London dan Monrovia. (Sumber: suara merdeka dan Our Voice)