Search
Close this search box.

[Resensi] Ibuku Lelaki, Cerita Cinta Melampaui Tubuh

Oleh : Elizabeth Budi Wibowo*

Cinta dan Tubuh 

Buku ini berjudul “Ibuku Lelaki” yang diambil dari judul cerpen karya Antok Serean, penulis asal Jawa Timur. Kelompok Suara Kita yang merupakan kelompok LGBT terwakili oleh buku ini. Kelompok LGBT sendiri dianggap aneh dan menyimpang karena memiliki ketertarikan sesama jenis.

Dalam cerita pendek ini, ada 23 cerita yang dikelompokkan menjadi tiga bagian. Pertama, Cinta Adam: Dimengerti Laki-Laki merupakan bagian yang menceritakan sekumpulan kisah cinta lelaki dari berbagai macam orientasi seksual, seperti gay, biseksual, dan waria. Kedua, merupakan sekumpulan kisah cinta perempuan dari berbagai macam orientasi seksual dalam Cinta Hawa: Dimengerti Perempuan. Bagian ketiga Cinta Tuhan: Sulit Dimengerti Manusia, mengangkat tema hubungan-hubungan yang sulit dimengerti oleh manusia pada umumnya di luar payung LGBT, seperti inses dan hubungan platonik. 

Tema besar dari cerita dalam buku ini adalah mengenai cinta alami yang tidak mengenal batasan-batasan sosial yang diberikan terhadap tubuh manusia. Cerita yang berakhir tidak bahagia ini memang tidak bisa dimungkiri. Kenyataannya, memang masih banyak cerita seperti itu terjadi di sekitar kita, seperti orang yang dipaksa menikah dengan yang tidak dicintai hingga diusir dari rumah untuk menghilangkan ‘aib’ dari keluarga.  

Hal ini sama seperti penjelasan Rocky Gerung, “Tubuh adalah pemberian alam. Dimaksudkan untuk melanjutkan kehidupan. Dalam niat alamiah itu, seksualitas bertumbuh. Tetapi kemudian peradaban tiba untuk mengatur. Maka tubuh menjadi tubuh yang diatur: oleh politik, oleh tradisi, oleh ilmu, oleh agama, oleh teknologi, oleh hukum, dst. Tubuh ditertibkan oleh kehendak orang lain, oleh institusi.”

Pandangan saya mengenai buku ini adalah cerita ini memberikan pengharapan atas kehidupan bagi mereka yang selama ini tertindas. Orang yang tertindas juga berhak berbahagia, diakui, diterima, dan dirangkul. Kumpulan cerpen ini sangat beragam dan menunjukkan bahwa cinta itu memang sangat luas.  

*Penulis adalah seorang Mahasiswa yang tengah menjalankan program magang di Suara Kita.

 

Detail Buku

ISBN : 9786027175549

Penulis : Various

Penerbit Suara Kita 

Tahun penerbitan : 2015

Tempat Penerbitan : Jakarta

Tebal : 155 halaman