Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Pemerintah metropolitan Tokyo mengatakan pihaknya berencana untuk memperkenalkan sistem yang mengakui kemitraan yang melibatkan minoritas seksual mulai November saat meluncurkan versi rancangan baru skema tersebut.

Untuk memberlakukan kebijakan tersebut pada bulan November, rancangan amandemen peraturan yang ada tentang hak asasi manusia yang mencakup referensi ke sistem kemitraan akan diajukan ke majelis metropolitan Tokyo pada bulan Juni, kata para pejabat.

Orang-orang berbaris di distrik Shibuya Tokyo selama parade Tokyo Rainbow Pride 2019 pada April 2019. (Kyodo)

Jepang tidak secara hukum mengakui pernikahan antara anggota komunitas lesbian, gay, biseksual dan transgender, tetapi banyak pemerintah prefektur dan lokal mengeluarkan sertifikasi yang tidak mengikat secara hukum yang mengakui pasangan minoritas seksual.

Tokyo akan menjadi yang kesembilan di antara 47 prefektur Jepang yang memperkenalkan beberapa bentuk sistem kemitraan setelah Aomori, Akita, Ibaraki, Gunma, Mie, Osaka, Fukuoka dan Saga.

Dalam draf, versi terbaru dari satu yang dirilis pada Februari, kelayakan telah diperluas untuk pasangan jika setidaknya salah satu dari mereka berencana untuk pindah ke ibu kota dalam waktu tiga bulan, kata para pejabat.

Sistem tidak akan dibatasi oleh kebangsaan, artinya warga negara non-Jepang yang memenuhi persyaratan juga akan memenuhi syarat.

Untuk mengajukan apa yang disebut “Sistem Sumpah Kemitraan Tokyo,” setidaknya satu pasangan harus menjadi minoritas seksual dan tinggal atau bekerja di Tokyo. Kedua pasangan harus dewasa secara hukum, kata mereka.

Pemerintah metropolitan sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan pasangan sesama jenis untuk mengajukan permohonan perumahan kota dan memberikan persetujuan di sebuah institusi medis untuk operasi yang akan dilakukan pada pasangan mereka, misalnya, menurut para pejabat.

Orang-orang akan dapat mengajukan dan menerima sertifikat kemitraan mereka sepenuhnya secara online untuk melindungi privasi mereka, dengan sertifikasi yang akan dikeluarkan dalam waktu 10 hari, pada prinsipnya, setelah aplikasi diajukan.

Pemohon dengan anak-anak juga akan memiliki pilihan untuk memasukkan nama anak-anak mereka pada sertifikat, kata mereka.

Pemerintah metropolitan Tokyo mengatakan menerima sekitar 8.300 komentar karena meminta opini publik tentang sistem tersebut selama sekitar dua bulan hingga April. Beberapa orang menyatakan apresiasi atas skema tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka merasa bahwa “keberadaan mereka sebagai minoritas seksual diakui oleh masyarakat.” (R.A.W)

Sumber:

Kyodo