Search
Close this search box.

Trans Day of Visibility Menawarkan Kesempatan Bagi Komunitas untuk Bangkit Dalam Solidaritas dan Dukungan

SuaraKita.org – Visibilitas dalam komunitas transgender seringkali menjadi masalah, terutama untuk orang trans kulit berwarna atau dari suku minoritas, atau mereka yang tinggal di pedesaan dan daerah konservatif. Menyembunyikan identitas seseorang bisa menjadi pengalaman yang merusak dan meningkatkan perasaan terisolasi, stigma, dan malu . Namun menonjol sebagai trans dapat menjadikan seseorang target diskriminasi atau kekerasan.

Sebagai seorang transgender yang mempelajari kesehatan dan kesejahteraan transgender , saya percaya Hari Visibilitas Trans – yang dirayakan setiap tahun pada 31 Maret – adalah hari penting yang memungkinkan anggota komunitas untuk berkumpul dan mencari dukungan dan solidaritas dengan mengetahui bahwa mereka tidak sendiri.

Sejarah perayaan

Trans Day of Visibility (TDOV) mengakui kontribusi yang dibuat oleh orang-orang dalam komunitas transgender, non-biner, dan beragam gender (selanjutnya disebut sebagai “trans” untuk mencakup siapa saja yang tidak mengidentifikasi jenis kelamin mereka yang ditetapkan saat lahir).

TDOV telah diperingati setiap tahun sejak 2009. Sebelumnya, satu-satunya hari pengakuan komunitas trans adalah Transgender Day of Remembrance – hari berkabung yang diadakan pada 20 November untuk memperingati orang-orang trans yang telah meninggal di tahun sebelumnya.

Trans Day of Visibility, kemudian, adalah upaya, seperti yang dikatakan komunitas trans, untuk ” memberi kami kasih sayang dan penghargaan ketika kami masih hidup “.

Rachel Crandall, seorang aktivis transgender dari Michigan, menyelenggarakan Hari Visibilitas Trans pertama . Pada 2014, hari itu dirayakan secara internasional .

Pada tahun 2015, saya bersama dengan aktivis trans lokal lainnya di Omaha, Nebraska, menyelenggarakan acara tahunan pertama dari beberapa acara tahunan untuk komunitas lokal kami. Ini menampilkan panel, Tanya Jawab dan kelompok dukungan untuk anggota keluarga, orang trans itu sendiri dan cisgender, atau cis, orang – yang mengacu pada orang yang mengidentifikasi dengan jenis kelamin mereka saat lahir – yang ingin belajar bagaimana menjadi pendukung yang lebih baik untuk orang-orang trans. Beberapa dari kami memakai kaos bertuliskan “Ask Me I’m Trans” pada hari acara untuk memfasilitasi dialog antara komunitas trans dan cis.

Penulis dan pendukung transgender lainnya mengenakan kaus bertuliskan ‘Ask Me, I’m Trans’ di sebuah acara tahun 2015. Koleksi Jay A. Irwin , CC BY-NC-ND

Melawan stigma

Visibilitas sebagai seorang transgender bukanlah pendekatan satu ukuran untuk semua orang dalam komunitas trans. Beberapa orang mungkin menerima visibilitas sementara yang lain, untuk kenyamanan, keamanan atau alasan sangat pribadi lainnya, mungkin merasa tidak nyaman menjadi trans.

Toh, ancaman kekerasan dalam komunitas trans tidak merata. perempuan transgender kulit berwarna paling berisiko , karena mereka sering menghadapi berbagai bentuk diskriminasi termasuk transfobia, rasisme, klasis, misogini, dan misogini – misogini unik yang dihadapi wanita kulit hitam. Karena diskriminasi pekerjaan, sekitar 20% transgender terlibat dalam ekonomi bawah tanah, termasuk pekerja seks komersial, dan mungkin menghadapi diskriminasi transphobik tambahan sebagai akibat dari pekerjaan mereka.

Trans Day of Visibility adalah upaya untuk memutus siklus kekerasan dan diskriminasi terhadap orang trans.

Merayakan orang trans selama pandemi

Mengatakan bahwa setahun terakhir ini sulit bagi komunitas trans adalah pernyataan yang meremehkan. Selama periode ini, sebagian besar orang trans tidak dapat memberikan dukungan secara langsung satu sama lain, dan mereka yang mengalami perubahan fisik tidak dapat sepenuhnya merayakan perubahan tersebut dengan teman.

Selain itu, tahun lalu telah terjadi peningkatan undang-undang yang menargetkan para transgender dengan larangan olahraga dan upaya untuk membatasi akses ke perawatan kesehatan . Lebih dari 20 negara bagian memperkenalkan setidaknya satu RUU anti-trans pada tahun 2020. Kampanye kebijakan terkoordinasi semacam itu terhadap komunitas yang sangat kecil – diperkirakan kurang dari 1% dari populasi Amerika – mengirimkan pesan yang sangat spesifik kepada komunitas trans bahwa kami adalah tidak diterima.

Itu adalah pesan yang saya percaya bisa diimbangi jika kita bisa berkumpul untuk saling mendukung. Saya dapat membuktikan bahwa ada sesuatu yang kuat tentang berada di ruangan yang penuh dengan orang trans. Cinta, dukungan, dan pengertian tidak seperti yang pernah saya alami. Namun karena pandemi global yang terus berlanjut, sebagian besar perayaan Trans Day of Visibility akan diadakan secara virtual, seperti tahun lalu.

Trans Day of Visibility berfokus pada orang trans tetapi tidak eksklusif untuk komunitas trans. Pendukung komunitas trans juga dapat mengambil bagian dengan menghubungi teman trans dan mengirimkan dukungan mereka. Mereka yang tinggal di negara bagian yang mencoba memberlakukan undang-undang anti-trans dapat menulis surat kepada legislator wilayah mereka untuk menentang RUU tersebut. Di lingkungan sosial mereka, pendukung dapat bangkit untuk mendukung vokal orang-orang trans. (R.A.W)

*Penulis adalah Associate Professor of Sociology, University of Nebraska Omaha, Amerika Serikat 

Sumber:

theconversation