Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Scruff dan Jack’d telah menjadi aplikasi hook-up gay terbaru yang berkomitmen untuk menghapus filter etnis dalam solidaritas dengan gerakan Black Lives Matter.

Perusahaan induk aplikasi, Perry Street Software, mengeluarkan pernyataan yang menjanjikan untuk menghapus fitur yang memungkinkan pengguna mencari profil lain berdasarkan ras.

Perry Street Software sudah menghapus etnisitas sebagai opsi tampilan default pada profil pengguna pada 2018.

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di akun Twitter Scruff, perusahaan mengkonfirmasi akan melakukan donasi untuk Color of Change, yang berkampanye melawan ketidakadilan rasial, dan ke Marsha P. Johnson Institute, yang mengadvokasi orang kulit hitam.

“Komunitas kami tidak asing dengan perjuangan melawan status quo yang menganggap kami tidak berarti”. demikian bunyi pernyataan itu.

“Setelah pembunuhan George Floyd, Tony McDade, Breonna Taylor, Ahmaud Arbery, dan banyak orang kulit hitam Amerika lainnya, berdiam diri berarti terlibat.”

Kicauan yang menyertainya berbunyi: “Kami berdiri dalam solidaritas dengan perjuangan melawan rasisme sistemik dan penindasan bersejarah komunitas Black. Black Lives Matter.”

Pengumuman dari Scruff dan Jack’d datang menyusul langkah serupa oleh aplikasi Grindr , yang lebih dulu mengumumkan akan menghapus filter etnis dalam pembaruan berikutnya, setelah bertahun-tahun kritik.

Bahasa dan perilaku rasis telah lama marak pada aplikasi kencan gay, di mana diskriminasi sering dibungkus dalam bahasa ‘preferensi seksual’.

Pengingat: jika sarana ‘preferensi’ seksual adalah mengelompokkan orang-orang berdasarkan warna kulit mereka, itu adalah akar dari rasisme, apakah Anda sadar atau tidak.

Jika itu mungkin terdengar seperti Anda, luangkan waktu untuk merenung dan tanyakan pada diri sendiri apa alasan struktural di balik ‘preferensi’ itu, dan bagaimana Anda telah disosialisasikan untuk menahannya.

Kita semua harus berbuat lebih banyak untuk memiliki pikiran yang terbuka dan hati yang terbuka. (R.A.W)

Sumber:

Attitude