Search
Close this search box.

Mara Gómez (tengah) dan rekan satu timnya Agustina Matas (kiri) dan Yanina Minana berlatih bersama tim sepak bola  divisi wanita pertama mereka, villa san carlos, di la plata, argentina. (Foto oleh JUAN MABROMATA / AFP)

SuaraKita.org – Coming out di lapangan, mereka akhirnya bisa merasa seperti diri mereka sendiri.

Selain kegembiraan yang diberikan sepak bola kepada mereka, Mara Gomez dan Marcos Rojo memiliki kepuasan ekstra karena mengetahui bahwa setelah perjalanan yang panjang dan sulit, mereka membuka jalan bagi pemain transgender di Argentina.

Tinggi, langsing dan rambutnya diikat ekor kuda, Mara Gomez bermain untuk tim Villa San Carlos di La Plata, 60 kilometer selatan Buenos Aires.

Pada usia 23, ia bertujuan untuk menjadi pemain transgender pertama di liga profesional perempuan baru di negara asalnya.

“Saya sangat menderita karena diskriminasi, pengucilan, penganiayaan verbal di jalan dan di sekolah. Sepak bola seperti terapi bagi saya, ”kata Mara Gomez.

Dia mulai bermain pada usia 15, didorong oleh para tetangganya.

Di liga perempuan di La Plata, Gomez membedakan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak dalam dua musim terakhir.

Prestasi itu mendorong Villa San Carlos, di tempat terakhir di liga profesional perempuan, untuk berusaha merekrutnya.

“Dia cepat dan sangat bagus dalam menendang tepat sasaran,” kata pelatih Juan Cruz Vitale.

“Tidak seperti apa yang dipikirkan orang dan media, dia tidak sekuat itu. Saya memiliki sejumlah pesepakbola perempuan lain yang lebih kuat dan meskipun dia cepat, saya memiliki yang lebih cepat, ”katanya.

Tetapi Juan Cruz Vitale menambahkan: “Dia cerdas dan belajar dengan cepat. Dan dia mendapat gol, itu yang kurang dari kami. ”

Klub sedang dalam proses mengajukan permohonannya ke Asosiasi Sepak Bola Argentina untuk mendaftarkan Mara Gomez, setelah kuncian coronavirus saat ini berakhir.

“Ada undang-undang tentang identitas gender yang tidak bisa mereka langkahi. Kami yakin dia akan menjadi bintang, ”kata pelatih itu.

Argentina memimpin Amerika Latin dengan mengesahkan undang-undang identitas gender pada 2012, yang memungkinkan Mara Gomez untuk secara resmi mengubah gendernya pada kartu identitas nasional ketika ia berusia 18 tahun.

“Saya sangat senang mengetahui bahwa sebagai masyarakat kita melakukan sedikit lebih banyak, kita membuka pikiran,” katanya ketika dia merenungkan prospek menjadi pemain profesional di negara yang telah menghasilkan beberapa pemain sepak bola terbaik dunia, termasuk Diego Maradona dan Lionel Messi.

‘Bermain dengan para lelaki’

Pesepakbola amatir Argentina Marcos Rojo berpose dengan bola sepak di rumahnya di Gualeguaychu, Argentina, pada 18 Februari 2020. – Marcos Rojo, seorang transgender, sedang berlatih dan bermain pertandingan persahabatan dengan tim sepak bola Union del Suburbio. (Foto oleh Juan MABROMATA / AFP)

Marcos Rojo (20) mulai bermain tahun ini sebagai penyerang tengah dengan klub Union del Suburbio di Gualeguaychu di timur laut negara itu, pertama kali ia bermain di tim putra.

Dua tahun lalu, ia mengubah nama dan jenis kelaminnya pada kartu identitas nasionalnya, dan tim tidak ragu untuk merekrutnya.

Liga di provinsi Entre Rios akan mengeluarkan keanggotaannya segera setelah kegiatan sepak bola dimulai kembali.

Di ruang tamu Marcos Rojo menggantung foto dirinya di pesta ulang tahunnya yang ke-15, ketika ia masih secara resmi diidentifikasi sebagai seorang perempuan. Keluarganya telah memberinya dukungan penuh selama masa transisi.

“Saya ingin membuat perubahan di surat kabar resmi saya karena saya selalu ingin bermain dengan para lelaki. Karena saya masih kecil, saya merasa seperti salah satu dari mereka, ”kata Marcos Rojo.

“Sepak bola adalah langkah besar bagi saya karena itu adalah hal yang selalu saya cari, apa yang saya inginkan,” katanya. “Dukungan tim untuk perubahan ini sangat berarti.”  

Marcos Rojo mengatakan sepak bola lelaki “jauh lebih banyak menuntut.”

“Mereka semuanya penendang yang baik. Bagi saya, itu akan menjadi pencapaian besar jika saya berhasil bermain di divisi utama. ”

‘Hak untuk bermain’

Sebastian Rajoy, presiden Union del Suburbio, mengatakan bahwa “semua orang memiliki hak untuk bermain olahraga.”

“Klub-klub di pinggiran adalah yang menawarkan kesempatan. Seseorang harus mengambil langkah pertama, dan dalam hal ini adalah kita, ”katanya.

Pada tahap awal menggabungkan pemain transgender, Mara Gomez dan Marcos Rojo sadar bahwa mereka dapat diminta untuk mengikuti tes hormon sebelum mereka diterima sepenuhnya di liga.

“Diskusi ini terkait dengan dilema antara biologi dan penghormatan terhadap hak-hak seseorang,” kata Ayelen Pujol, seorang spesialis dalam identitas gender dalam olahraga. (R.A.W)

Sumber:

inquirer sport