Search
Close this search box.

Mengapa Tes HIV Penting untuk Kesehatan Trans

Oleh: Cole Hayes

SuaraKita.org – Saya beruntung. Saya beruntung dalam arti bahwa kota tempat saya tinggal adalah kota yang sangat membanggakan, terutama dalam hal komunitas LGBT-nya. Ada organisasi, dokter, dan mentor di setiap sudut. Ketika saya dites untuk HIV untuk pertama kalinya, saya gugup, tetapi saya tahu saya berada di tangan yang tepat.

Sebuah klinik ramah-LGBT dan berupaya membantu orang-orang LGBT dalam hal kesehatan mereka. Penting untuk menyebarkan berita. Tes rutin sangat penting dalam hal menjaga kesehatan kita, dan memiliki sumber daya yang tersedia untuk orang-orang trans-spesifik membuat tes HIV tidak membuat stres dan menakutkan.

Ini tentang menjangkau sebanyak mungkin orang dan menunjukkan bahwa orang trans termasuk dalam panggilan itu.  Secara keseluruhan, kami ingin merasa aman dan didengarkan ketika menyangkut tubuh dan identitas kami. Memiliki ruang yang tersedia bagi orang-orang trans untuk menjalani pemeriksaan kesehatan adalah tujuannya!

Banyak konten media di internet yang menyediakan banyak informasi tentang ke mana harus pergi dan bagaimana cara diuji, mengetahui bahwa siapa Anda tidak hanya dihargai tetapi divalidasi. Apa yang membuat ini begitu istimewa bagi saya adalah hal itu menunjukkan bahwa sebagai orang trans, kebutuhan perawatan kesehatan saya sedikit berbeda, dan ada orang yang ingin memastikan saya dirawat dengan tepat.

Faktanya adalah bahwa orang-orang trans ingin dilihat untuk siapa kita, tetapi ketidaktahuan sangat terasa.

Ketidaktahuan di bidang medis ini sering membuat orang-orang trans tidak mengunjungi dokter, yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi dan masalah. Memiliki hari yang melibatkan kebutuhan trans sangat luar biasa dan mudah-mudahan akan mendorong lebih banyak orang trans untuk dites HIV, mengetahui benar – benar ada tempat dan orang yang peduli, mengerti, dan ingin membantu.

Beberapa minggu setelah saya tidur dengan pacar saya untuk pertama kalinya, saya duduk di ruang dokter melakukan pengambilan darah rutin untuk memeriksa kadar hormon saya. Setelah jarum keluar dan darah telah diambil, dokter saya menoleh dan bertanya apakah saya ingin mereka memeriksa status saya untuk HIV. Saya hampir mengatakan tidak, tetapi dia menjelaskan itu adalah tes gratis. Bahkan jika tidak, saya tahu itu penting, jadi saya setuju.

Saya merasa gugup, dan sementara saya menunggu, saya mengirim sms kepada pacar saya.Ketika dokter saya kembali ke ruangan dengan hasilnya, pacar saya menjawab memberitahu saya bahwa dia telah diuji beberapa bulan sebelumnya. Kemudian, dokter saya mengumumkan bahwa saya HIV-negatif.

Saya senang telah memutuskan untuk melakukannya karena saya tahu saya melakukan pelayanan pada tubuh saya.

Menyebarkan kesadaran dan membagikan berita kepada sesama warga negara dapat membantu banyak orang. Kita tidak harus menghindar dari klinik dan rumah sakit, kita seharusnya tidak perlu khawatir tentang kesalahan penilaian atau penganiayaan karena siapa kita. Perawatan kami spesifik dan kami layak dilayani oleh dokter yang mengerti itu.

Saya tidak bisa memberitahu Anda berapa kali saya mendengar perawat dan dokter memberi tahu orang trans mereka tidak bisa membantu mereka, hanya karena mereka trans. Memiliki sumber daya yang menyediakan konseling berkelanjutan, pengobatan, pengulangan tes HIV, informasi ke mana harus pergi, siapa yang harus dilihat dan didukung (khusus untuk individu transgender) dapat membuat perbedaan.

Ada orang yang peduli, dan mereka ingin Anda tahu bahwa mereka peduli. Menghadapi stigma dan memiliki pengalaman negatif di masa lalu adalah sesuatu yang hampir semua orang trans dapat hubungkan. Saya bangga berbicara pada hari ini, mengetahui bahwa hambatan menjaga orang-orang trans dari perawatan kesehatan yang mereka butuhkan akhirnya mulai menghilang. (R.A.W)

Cole Hayes adalah seorang penulis trans berusia 25 tahun yang tinggal di Seattle, Washington. Ikuti dia di Twitter  @itscolehayes

 

Sumber:

Plus