Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Delapan pembuat konten YouTube mengajukan gugatan class action terhadap Google / YouTube untuk “menghentikan peraturan berbasis konten yang diskriminatif dan melanggar hukum, pengekangan, monetisasi, iklan palsu, dan distribusi konten pidato dan video LGBT yang anti-persaingan.”

Para pembuat konten  ini bermitra untuk merilis video yang menjelaskan gugatan mereka, menyebut diri mereka “Koalisi Pelangi.”

Penggugat adalah Bria Kam dan Chrissy Chambers, duo penyanyi lesbian yang mengelola saluran YouTube BriaAndChrissy; Chase Ross, seorang aktivis trans yang mendidik tentang masalah-masalah trans dan memiliki saluran YouTube uppercaseCHASE1; Lindsay Amer, seorang pendidik yang membuat video pendidikan ramah anak-anak seperti “T Is For TRANS!” Dan “What Is GAY Mean?!?” Di saluran YouTube mereka QueerKidStuff; Amp Somers, seorang pendidik seksualitas dan aktivis anti-sensor yang membuat video pendidikan seks menyenangkan di salurannya Watts the Safeword; Celso Dulay dan Chris Knight, pembawa acara GlitterBombTV.com, yang mencakup berita dan hiburan LGBT dan memiliki saluran YouTube; dan Cameron Stiehl, co-host dari GNews !, sebuah saluran di GlitterBombTV.com. Gugatan itu diajukan di pengadilan federal di San Jose, California.

Ini bukan pertama kalinya YouTube mendapat kecaman karena menyensor dan menyerang konten LGBT. YouTube dan Google, perusahaan induknya, secara terbuka mengakui bahwa mereka menyensor konten aneh menggunakan sistem “Mode Terbatas” pada 2017 . Setelah protes publik, YouTube mengklaim telah mengubah kebijakan dan algoritmanya .

Tetapi menurut penggugat, bukan itu yang terjadi.

“Konten LGBT kami menjadi di-demonetisasi, dibatasi, dan tidak dikirim ke pemirsa, yang telah sangat mempengaruhi kemampuan kami untuk menjangkau komunitas yang ingin kami bantu,” kata Chrissy Chambers dalam video yang menjelaskan gugatan tersebut.

Demonetisasi adalah masalah terbesar, kata Amp Somers, karena tidak ada pedoman eksplisit atau transparansi tentang apa yang membuat konten dianggap “tidak ramah bagi pengiklan.”

Pembuat konten di YouTube biasanya menghasilkan uang dengan dua cara – iklan dan sponsor. Iklan (video pendek yang berjalan sebelum video utama) adalah, untuk pembuat yang lebih kecil seperti penggugat, sering dipilih secara acak (atau dengan algoritma internal YouTube sendiri). Jarang pembuat konten memilih merek mana yang diiklankan di video mereka, kata Amp Somers.

“Ketika YouTube – baik melalui moderator seorang atau melalui algoritme YouTube sendiri – menandai konten Anda sebagai ‘tidak ramah bagi pengiklan,’ Anda kehilangan pendapatan iklan dan sponsor,” kata Amp Somers. Ketika konten ditandai, katanya, pembuat konten tersebut tidak mendapatkan penghasilan dari iklan, dan sponsor tidak mungkin mendukung konten yang dianggap “tidak ramah bagi pengiklan.” Kedua cara untuk menghasilkan pendapatan terputus.

Pembuat konten mengatakan YouTube memblokir akses mereka ke pengiklan – atau menguranginya sampai membuat proses membuat video tidak lagi menguntungkan. Ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan para pembuat konten LGBT dan dapat membatasi kemampuan mereka untuk menjangkau khalayak – khususnya pemuda LGBT yang rentan.

Amp Somers mengatakan bahwa menjangkau anak muda LGBT adalah bagian terpenting dari apa yang dilakukan Koalisi Pelangi – dan bahwa sensor ini membahayakan seluruh komunitas.

“Saya tumbuh sebagai seorang Katolik, yang mengajarkan saya pendidikan yang mengarah pada harapan dan informasi yang tidak realistis, yang menyebabkan saya tanpa sadar menempatkan diri saya dalam pengalaman seksual yang berbahaya,” katanya. Dia tidak menginginkan itu untuk orang lain.

Delapan penggugat menuduh Google melanggar hak-hak kontrak konsumen – hak-hak yang mereka tegaskan termasuk peraturan yang netral.

Tahun lalu, para produsen di GlitterBombTV.com mengetahui bahwa holiday special of GNews !, sebuah episode dalam saluran berita dan hiburan gay mereka diblokir untuk promosi oleh Google Ads. Enam hari setelah panggilan melalui telepon dengan staf pendukung, produser diberitahu oleh manajer call center Iklan Google d bahwa video mereka telah dianggap “konten mengejutkan” karena subjeknya.

Manajer call center menyatakan di telepon bahwa mereka tidak akan mengizinkan promosi episode tersebut karena itu adalah kebijakan perusahaan untuk melarang iklan karena “hal yang gay.”

YouTube dibeli oleh Google sebesar 1,65 Miliar Dollar pada tahun 2005. Menurut Sandvine , yang melacak lalu lintas internet global, YouTube menyumbang 35 persen dari semua lalu lintas web seluler tahun ini. Sebagian besar situs yang melacak data internet menempatkan YouTube sebagai situs dengan lalu lintas tertinggi kedua di dunia di semua kategori, Google.com adalah yang pertama.

Gugatan itu muncul di tengah  peningkatan berbahaya dalam sensor LGBT dalam beberapa tahun terakhir – sementara kejahatan kebencian anti-LGBT terus meningkat selama tiga tahun .

Pada 2017, Komisi Komunikasi Federal memilih untuk membatalkan peraturan netralitas bersih era Obama – yang banyak aktivis LGBT peringatkan akan menciptakan situasi seperti ini.

Keluhan resmi menyatakan bahwa Google / YouTube beroperasi sebagai “forum nirlaba terbesar yang didedikasikan untuk kebebasan berbicara dan berekspresi di dunia” dan memperkirakan bahwa Google memperoleh lebih dari  25 Miliar Dollar pendapatan tahunan “semata-mata dengan mengatur, mendistribusikan, dan memonetisasi kebebasan berbicara dan berekspresi dari estimasi 2,3 Miliar orang yang menggunakan YouTube. “

Pejabat perusahaan menyangkal bahwa ada tindakan keras terhadap konten LGBT. “Kebijakan kami tidak memiliki gagasan tentang orientasi seksual atau identitas gender dan sistem kami tidak membatasi atau mendemonstrasikan video berdasarkan faktor-faktor ini atau dimasukkannya istilah-istilah seperti ‘gay’ atau ‘transgender,'” kata juru bicara YouTube Alex Joseph ketika dimintai keterangan oleh wartawan. (R.A.W)

Berikut adalah surat tuntutan mereka.

LGBTQ+ v Google-YouTube com… by Insider Inc. on Scribd

Sumber:

advocate.