Search
Close this search box.


SuaraKita.org – Mahkamah Agung India mencabut hukum era kolonial Inggris yang mengkriminalkan gay.

Keputusan bersejarah pada tanggal 6 September 2018 tidak hanya membebaskan 1,3 miliar penduduk negara itu dari ancaman penjara, tetapi juga merevitalisasi perjuangan untuk hak-hak LGBT di negara-negara terdekat, seperti Singapura , dan lebih jauh, seperti di Kenya .

Keputusan penting tidak akan mengatasi stigma seputar homoseksualitas dalam semalam, dan orang-orang LGBT terus menghadapi berbagai bentuk pembatasan dan penganiayaan di seluruh dunia.

Namun upaya untuk menegakkan hak-hak LGBT telah maju dalam langkah-langkah kecil dan besar dalam 365 hari terakhir, langkah lebih lanjut akan datang pada 2019.

Inilah momen-momen penting tahun 2018 yang layak untuk dirayakan dan diingat.

Sejarah LGBT di komunitas: tempat diadakan Pride Parade yang baru dan untuk pertama kalinya

Pride parade telah mewarnai bagian-bagian baru dunia pada tahun 2018, dimulai di Myanmar pada bulan Januari, ketika ribuan orang menghadiri festival LGBT publiknya yang pertama.

Sepanjang tahun, komunitas pelangi mengklaim hak dan visibilitas, mulai dari gletser di Antartika ke pantai Karibia Barbados dan Guyana.

Di Selandia Baru, pride parade tahun ini sangat penting. Auckland Pride March untuk pertama kalinya dihadiri oleh perdana menteri negara itu, Jacinda Ardern, dan juga acara parade pertama di negara itu yang menampilkan pernikahan sesama jenis dari pasangan lesbian.

PM Selandia Baru Jacinda Ardern ikut berpawai – dok. gayexpress nz

Parade khusus masyarakat juga telah muncul. Pendukung hak trans berpawai untuk pertama kalinya di jalan-jalan Belfast di Irlandia Utara pada Juni dan Dublin di Republik Irlandia pada Juli.

Mereka yang mengidentifikasikan diri sebagai biseksual dan sekutu mereka malah mengadakan pawai di Los Angeles pada bulan September dalam apa yang diyakini sebagai Bi Pride pertama di seluruh kota di Amerika Serikat.

Sejarah LGBT untuk representasi trans: Dihargai pada akhirnya
Sementara Inggris dilanda perdebatan tentang identifikasi diri orang transgender hampir sepanjang tahun sebagai bagian dari konsultasi pemerintah publik tentang reformasi Undang-Undang Pengakuan Gender, reformasi serupa disetujui di Uruguay dan di  Chili.

Tahun dibuka dan ditutup dengan momen-momen penting bagi komunitas transgender yang bekerja di industri hiburan. Pada bulan Januari, Yance Ford menjadi sutradara transgender pertama yang mendapatkan nominasi Academy Award untuk Fitur Dokumenter Terbaik.

Meskipun Yance Ford pada akhirnya tidak memenangkan penghargaan itu, tetapi Oscar masih mewakili momen penting bagi perwakilan transgender ketika aktris Chili  Daniela Vega menjadi orang transgender pertama yang memberikan penghargaan pada upacara tersebut dan film yang dibintanginya, A Fantastic Woman, juga memenangkan penghargaan hadiah untuk Film Asing Terbaik.

Angela Ponce – dok. LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty

Pada bulan Desember, kontes kecantikan Miss Universe menampilkan seorang perempuan transgender sebagai salah satu kontestan untuk pertama kalinya — ratu kecantikan Angela Ponce, yang telah membuat sejarah di negara asalnya Spanyol dengan memenangkan gelar nasional pada bulan Juli .

Di Pakistan, sebuah negara di mana  komunitas transgender menghadapi prasangka dan kekerasan,  ada sebuah momen untuk dirayakan sehubungan dengan kehadiran mereka di dunia kerja. Sebuah saluran TV menunjuk  pembaca berita transgender untuk pertama kalinya, sementara pemerintah mempekerjakan karyawan transgendernya yang pertama kali secara terbuka .

Sejarah LGBT untuk Orang Tua LGBT: Perjuangan global untuk hak
Pengakuan hukum dan sosial dari keluarga LGBT adalah satu lagi tujuan di jalan menuju kesetaraan penuh. Di Kroasia, sebuah buku yang merayakan dan menyetarakan orang tua dengan jenis kelamin yang sama terbukti sukses , menjual 500 eksemplar pertamanya saat diluncurkan.

Di berbagai negara di mana kekosongan hukum pada IVF (bayi tabung) dan surogasi/ibu pengganti untuk orang-orang LGBT tetap ada, telah menjadi peran pengadilan atau otoritas lokal untuk membuat keputusan penting demi kepentingan terbaik anak.

Pasangan lesbian Italia bersama anak mereka yang baru lahir, dikandung melalui IVF – dok. chiara foglietta/Facebook

Di Italia, sepasang lesbian berhasil meyakinkan otoritas lokal untuk mengakui anak mereka, yang lahir dari IVF, secara resmi memiliki dua ibu .

Di Israel, di mana pengucilan orang tua gay dari reformasi hukum surogasi memicu pemogokan nasional musim panas ini dan mengilhami seorang aktivis untuk meluncurkan partai LGBT pertama di negara itu, sebuah keputusan pengadilan yang yang hanya mengizinkan satu dari nama orang tua sesama jenis pada akte kelahiran anak adalah praktik diskriminatif .

Sejarah LGBT dalam keluarga Kerajaan: Bukan pernikahan seperti yang dibayangkan

Tahun ini keluarga kerajaan Inggris tumbuh secara signifikan.

Bayi kerajaan ketiga lahir, Pangeran Harry menikah dan Lord Ivar Mountbatten, sepupu Ratu dan cicit keponakan Earl Mountbatten dari Burma, yang coming out sebagai gay pada tahun 2016, menikahi pasangannya James Coyle.

Sementara tidak ada anggota keluarga kerajaan menghadiri pernikahan itu, mantan istrinya Penelope Thompson berjalan di sisinya untuk mengantarkannya menuju altar.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ivar (@ivar_mountbatten) on

Ratu Elizabeth II muncul untuk merayakan Pride Month dengan memamerkan hiasan bunga pelangi di topinya kepada Royal Ascot — awal bulan itu, dia juga membuat penampilan pertamanya dengan pelayan gay pertama pernah melayani kerajaan.

Ollie Roberts, seorang lelaki berusia 21 tahun yang sebelumnya pernah bertugas di Angkatan Udara Kerajaan, ditunjuk untuk berperan sebagai pelayan pribadi untuk ratu pada bulan Juni. Dia dilaporkan berhenti dari pekerjaannya setelah diturunkan dari jabatannya karena “mencari publisitas” beberapa bulan kemudian .

Sejarah LGBT dalam olahraga: Tidak boleh ada perlakuan buruk
Olahraga tetap merupakan lingkungan yang sebagian besar bermusuhan bagi orang-orang LGBT untuk berkembang dalam diri mereka yang asli. Dua pemain sepak bola terkemuka yang bermain di Liga Premier Inggris,  Héctor Bellerín dari Arsenal dan Chelsea, Olivier Giroud, keduanya sama-sama berbicara tentang sepakbola dalam wawancara baru-baru ini.

Inilah sebabnya mengapa Collin Martin, pemain sepak bola yang bermain untuk Minnesota United di MLS, memutuskan untuk coming out sebagai gay tahun ini  memposting foto dirinya yang dibungkus dengan bendera pelangi. Collin Martin sekarang satu-satunya pemain sepakbola gay di liga sepak bola profesional top.

Dalam olahraga lain, atlet LGBT telah mampu menunjukkan keunggulan mereka. Di permukaan berkilauan gelanggang es, atletSeluncur indah (bahasa Inggris: figure skating)  Amerika Adam Rippon bersinar paling terang, menjadi lelaki gay pertama yang secara terbuka lolos ke Olimpiade .

Rekan setim USA Adam Rippon, Gus Kenworthy, yang coming out pada 2015 dan berkompetisi di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang sebagai lelaki gay, membuat sejarah televisi ketika ia mencium pacarnya secara langsung di siaran internasional NBC.

Gus Kenworthy dan Adam Rippon menghadiri Penghargaan Media GLAAD Tahunan ke-29 – dok. Alberto E. Rodriguez/Getty

Bahkan dalam olahraga pertarungan, atlet LGBT telah melakukan semua pukulan yang tepat. Pat Manuel menjadi lelaki transgender pertama yang bertarung dan menang di level profesional dalam tinju Amerika dan pegulat lesbian WWE pertama Sonya Deville berkompetisi dalam pertarungan WrestleMania di acara tersebut.

Dalam langkah lebih lanjut untuk sejarah LGBT dalam olahraga, asisten profesor filsafat  Rachel McKinnon memenangkan emas dalam sprint di Kejuaraan Dunia Bersepeda Trek UCI Masters 2018, menjadi perempuan transgender pertama yang memenangkan kejuaraan dunia dalam bersepeda.

Peran gender tradisional telah ditumbangkan dalam pemandu sorak juga, dengan pemandu sorak lelaki tampil di National Football League (NFL) untuk pertama kalinya tahun ini.

NFL juga merekam momen penting ketika bergabung dengan Major League Basketball untuk berpawai di New York Pride untuk pertama kalinya.

Di pemain lain yang berusia 59 tahun, pensiunan pemain Dallas Cowboys, Jeff Rohrer menjadi pemain NFL gay pertama yang menikah dengan seorang lelaki ketika dia mengikat janji dengan tunangannya Joshua Ross pada bulan November .

Ini semua untuk kemajuan lebih lanjut di 2019. (R.A.W)

 

sumber:

Pinknews