Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Jean Yves Henry, seorang dokter yang berbasis di Swiss, sedang menghadapi penyelidikan atas perbuatannya setelah sebuah artikel di situs webnya – yang diterbitkan pada tahun 2009 – mengklaim bahwa dia dapat ‘menyembuhkan’ homoseksualitas dengan menggunakan homeopati.

Menulis di situs webnya, Jean Yves Henry mengatakan bahwa homoseksualitas bukanlah “patologi, tetapi gejala atau simtoma khusus (pilihan gaya hidup) pasien.” Dia lebih lanjut menyatakan bahwa “homoseksualitas adalah cara untuk menghindari realitas perbedaan antara jenis kelamin” dan bahwa homeopati mengandung “obat” yang bisa menyembuhkan homoseksualitas.

Beberapa perawatan yang disarankan Jean Yves Henry juga dapat menangani “gejala” homoseksualitas lainnya, termasuk “ketidakdewasaan dan kecanduan”, serta nafsu birahi.

Laporan dari kantor berita The Local, mengatakan bahwa menteri kesehatan setempat, Mauro Poggia membuka penyelidikan atas tindakannya.  Mauro Poggia mengatakan: “Baginya, tampaknya homoseksualitas adalah penyakit untuk disembuhkan. Elemen ini cukup untuk membenarkan untuk pembukaan sebuah penyelidikan. ”

Namun, Jean Yves Henry menolak untuk mundur. Berbicara kepada kantor berita RTS setelah artikel itu digali, dia berkata: “Homoseksualitas adalah gejala seperti yang lain, seperti sakit kepala atau demam, dll. Saya tidak begitu mengerti di mana masalahnya.”

Sebuah bantahan di situs web gagal untuk mengabaikan pandangan Jean Yves Henry, mengatakan bahwa homoseksualitas adalah salah satu dari “64.000 gejala” yang dia dan timnya evaluasi.


Bantahan tersebut juga mencoba untuk menolak argumen-argumen yang menentangnya, dengan mengatakan: “Artikel profesional khusus yang singkat ini telah disiarkan dengan cepat oleh media dan membuat pengunjung situs kami melonjak!

“Dokter yang menyembuhkan homoseksualitas dengan homeopati! Judul yang menarik ini, dimaksudkan untuk menimbulkan kegemparan, jauh dari kenyataan.

“Kami  tentu saja menyesalkan bahwa wartawan tidak menghubungi kami lebih dulu untuk menjelaskan pendekatan homeopati: gejala ‘homoseksualitas’ hanyalah salah satu dari 64.000 gejala yang kami kerjakan setiap hari.

“Artikel berusia sepuluh tahun ini, yang tidak pernah kontroversial pada tingkat profesional, terutama ditujukan untuk membuat murid kami merefleksikan hubungan antara obat medis dan gejala perilaku.

“Ahli homeopati yang penuh perhatian akan menguji kembali gejala ini dengan orang lain selain pasien, untuk menemukan obat yang tepat.”

Bantahan di situs web tentu saja gagal untuk menyebutkan bahwa karena homoseksualitas bukan penyakit, itu tidak dapat disembuhkan. (R.A.W)

Homeopati adalah pengobatan alternatif yang diciptakan oleh Samuel Hahnemann pada abad ke-18. Teori dasar di balik homeopati adalah bahwa orang sakit dapat disembuhkan dengan menggunakan efek pantulan substansi yang menghasilkan gejala sakit pada orang sehat.

Sumber:

GayTimes