Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Walikota di Polandia pertama yang terbuka sebagai gay, mungkin saja akan menjadi presiden gay pertama di negara tersebut.

Robert Biedroń ikut terjun dalam kampanye kepresidenan menjelang pemungutan suara nasional pada 2020.

Meskipun pemilihan berlangsung beberapa tahun lagi, jajak pendapat terbaru menunjukkan satu dari empat orang Polandia bersedia memilih Robert Biedroń. Ini adalah pencapaian luar biasa di negara di mana antara 50 hingga 70% orang tidak menyetujui hubungan sesama jenis.

Mengumumkan pencalonannya sekarang memberikan Robert Biedroń banyak waktu untuk berkampanye dan membangun dukungan lebih jauh.

Aktivis LGBT yang sangat vokal ini membuat sejarah pada tahun 2014 ketika ia menjadi walikota gay pertama di Polandia ketika memenangkan pemilihan lokal di daerah utara Slupsk. Dalam pemilihan itu ia memenangkan 57% suara di putaran kedua pemungutan suara.

Popularitas Robert Biedroń adalah anomali di Polandia, negara di mana 90% dari negaranya adalah penganut Katolik Roma, dia tidak hanya ia gay yang sudah terbuka, Robert Biedroń juga seorang ateis.

Walikota yang  berusia 42 tahun ini akan mewakili partai kiri-tengah Your Movement dalam pemilihan.


“Tapi, pertama-tama, saya akan selalu menjadi diri saya sendiri”

Robert Biedroń adalah pendukung vokal hak LGBT dan anggota dewan Kampanye Polandia Melawan Homophobia. Namun dia masih menghadapi banyak diskriminasi dan kekerasan karena seksualitasnya di awal karir politiknya.

Robert Biedroń berhubungan dengan seorang pengacara bernama Krzysztof Śmiszek. Pasangan ini telah bersama selama 16 tahun. Robert Biedroń sering berbagi foto-foto mereka di akun media sosialnya.


Robert Biedroń mengatakan ambisinya untuk Polandia itu sederhana, bahwa ia menginginkan kesempatan yang sama bagi semua.

“Saya hanya seorang bocah dari Krosno, yang sering berenang melawan arus, seorang pemimpin yang dapat memimpin dialog dan menyatukan orang-orang,” kata Robert Biedroń di situs webnya.

“Seorang putra, saudara lelaki, rekan kerja, dan akhirnya pasangannya Krzysztof, seorang lelaki yang menghargai alam, yang peduli dengan kesejahteraan hewan.

‘(Saya) Seorang politisi yang mencintai Polandia, yang berfokus pada pembangunan berkelanjutan dari sebuah negara modern yang jujur ​​yang memberikan kesempatan yang sama bagi semua, mendukung pendidikan dan budaya, menjamin keamanan dan pembangunan.

“Tapi, pertama-tama, saya akan selalu menjadi diri saya sendiri, Robert Biedroń.” (R.A.W)

Sumber:

GSN