Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Atlet seluncur indah Adam Rippon membuat sejarah sebagai atlet gay Amerika Serikat yang pertama yang lolos ke Olimpiade Musim Dingin.

Adam Rippon yang berusia 28 tahun, terpilih untuk bergabung dengan sesama atlet figure skater Nathan Chen dan Vincent Zhou untuk mewakili Amerika Serikat pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, bulan depan.

Terpilihnya atlet asal Pennsylvania itu mengejutkan beberapa orang, mengingat bahwa dia berada di tempat keempat di Kejuaraan Skating Figure Amerika Serikat pada hari Sabtu. Presiden United States Figure Skating Championships  mengutip usaha yang dilakukan oleh Adam Rippon yang dalam pemilihannya mengalahkan Ross Miner, yang berada di posisi kedua dalam kometisi tersebut.

Adam Rippon mengatakan kepada The Washington Post bahwa dia “sangat berterima kasih” telah dipilih, “Saya merasa bahwa pengalaman saya akan membantu saya melakukan upaya yang terbaik di Olimpiade, dan rasanya luar biasa untuk mengatakan itu.”

Penempatannya secara historis dianggap penting karena alasan lain. Meskipun Nathan Chen (18) dan Vincent Zhou (17) juga melakukan debut Olimpiade mereka, Adam Rippon adalah atlet baru (rookie) Amerika tertua yang berkompetisi dalam Olimpiade Musim Dingin sejak 1936.

“Saya sangat senang karena mereka (Nathan dan Vincent) melakukannya dengan baik. Aku merasa terhormat menjadi ayah mereka, “sahut Adam Rippon. “Saya selalu merasa seperti seorang pemimpin atau kakak laki-laki.”

Adam mungkin bukan satu-satunya atlet LGBT yang pergi ke Pyeongchang dari Amerika Serikat pada bulan Februari. Atlet ski Gus Kenworthy, yang melela sebagai gay pada tahun 2015, diperkirakan akan mengetahui pada akhir bulan ini apakah dia berhasil masuk ke tim ski Amerika Serikat.

Sementara Adam Rippon menjadikan sejarah sebagai lelaki gay pertama yang memenuhi syarat, sejumlah pemain ski Olimpiade melela sebagai LGBT setelah masa kompetisi mereka berakhir.

Meskipun penampilan gemilang Johnny Weir di Olimpiade Musim Dingin 2006 dan 2010 mendorong spekulasi media mengenai seksualitasnya, dia tidak memastikan bahwa dia gay sampai perilisan memoar tahun 2011 yang berjudul Welcome to My World.

Demikian pula peraih medali emas Brian Boitano melela sebagai gay pada tahun 2013, hampir dua dekade setelah ia terakhir berkompetisi di Olimpiade Musim Dingin 1994 di Lillehammer, Norwegia. Sebaliknya, Adam Rippon bersumpah untuk terbuka tentang seksualitasnya jika dia “diberi kesempatan.”

“Tumbuh dewasa, saya benar-benar tidak memiliki tokoh panutan,” katanya dalam sebuah wawancara pada 5 Januari. “Saya ingin generasi muda yang masih berjuang (dengan seksualitasnya) untuk tahu bahwa tidak apa-apa dengan menjadi diri mereka sendiri” (R.A.W)

Sumber:

huffpost.