Search
Close this search box.

[Opini] Kumpul Keluarga Pada Hari Natal: Bagaimana Bisa Bertahan dari Homofobia yang Tersembunyi

Oleh: Silva Neves*

SuaraKita.org – Desember adalah waktu paling meriah sepanjang tahun ketika Anda bisa menikmati pesta Natal bersama teman, merasa nyaman dengan diri sendiri. Tapi begitu Anda tiba pintu depan rumah orang tua Anda untuk merayakan Natal, perasaan Anda sendiri tiba-tiba terasa redup.
Di ruang konsultasi saya, saya sering mendengar klien saya mengkritik diri mereka sendiri atas perasaan mereka terhadap anggota keluarga mereka: ‘Saya seharusnya tidak merasakan hal ini’, ‘Saya terdengar mengerikan’, ‘Saya buruk karena memiliki perasaan ini’. Saya katakan kepada klien saya bahwa mengkritik diri mereka sendiri itu sama seperti mengenakan pakaian Natal yang tidak pas, yang terlalu kecil, terlalu ketat, terlalu usang, mereka harus membuat tubuh mereka menyesuaikan diri. Ini menyakitkan.

Ketika saya mengajak klien saya untuk menyingkirkan kritik kepada diri mereka, ‘sensor batin’ mereka terlepas, dan mereka berbicara secara terbuka:

‘Abang saya mengira dia lebih baik dari saya karena dia memberi cucu ke ibu saya’

‘Semua orang mengira saya harus bersama/memiliki pasangan sekarang’

‘Ibu saya tidak bisa menatap mata saya’’

‘Ayah saya tidak pernah mengajukan pertanyaan tentang kehidupan saya’

‘Adik saya tidak percaya pada kesetaraan pernikahan’

‘Keponakan saya yang berusia 10 tahun menggunakan kata gay untuk menggambarkan sesuatu yang rusak dan tidak ada yang melarangnya.’

Setelah berbicara tanpa sensor, klien saya melaporkan rasa lega karena mereka membiarkan diri mereka jujur ​​mengenai keluarga mereka. Rasanya sangat baik untuk berbicara tentang keluarga tanpa mengenakan pakaian yang tidak pas.

Kita tahu bahwa Natal seharusnya merupakan waktu keluarga. Tapi, seringkali, keluarga menghadapkan kita kepada sebuah medan terjal yang bahkan tidak bisa disembunyikan.
Keluarga memiliki kemampuan untuk memicu kemarahan dan kebencian dan bahkan sangat menyakiti kami. Dengan beberapa keluarga, luka itu bisa terjadi: komentar homofobik yang kikuk. Dan di beberapa keluarga, luka itu bisa jadi tidak kentara: keheningan yang tak menentu karena tidak ada pengakuan bahwa Anda mencintai orang-orang dengan jenis kelamin yang sama.

Beberapa komentar kecil yang beredar di meja makan Natal mungkin tampak seperti tidak ada apa-apa. Atau kebisuan mungkin terasa tidak penting bagi kita. Sebagai gay, kami belajar untuk terpaksa menerimanya, tidak membuat keributan besar dan terus berlanjut’, kami belajar dari usia muda untuk mengenakan pakaian Natal yang tidak sesuai dan menyesuaikan diri di dalamnya meskipun kami sendiri merasa tidak nyaman.

Kenapa kita tetap memakai pakaian usang itu? Karena membangkitkan sesuatu yang lebih dalam di dalam diri kita: ketakutan akan inhalasi.

Banyak dari kita akan memiliki kenangan masa kecil  ketika tidak merasa ‘normal’ saat pertama kali kita menemukan bahwa kita naksir sesama lelaki dan bukan perempuan di sekolah. Kita mencoba menyembunyikannya. Kita belajar sejak dini bagaimana membentuk diri kita menjadi seseorang yang bukan kita inginkan agar dapat diterima. Pakaian tadi adalah mekanisme bertahan hidup, bahkan jika Anda memiliki keluarga yang bermaksud baik.

Saya mengajak Anda untuk meluangkan waktu sejenak untuk memutuskan pakaian mana yang akan Anda pakai Natal ini. Yang keluarga Anda rajut untuk Anda atau milik Anda sendiri?

Mengenakan pakaian Anda sendiri saat Natal adalah tindakan berani: itu berarti benar-benar terlihat dan didengar, sama seperti Anda.

Saya ingin Anda mempertimbangkan beberapa bahasa yang akan membantu Anda mempertahankan kebenaran Anda: dengan lembut dan sopan menantang komentar keluarga yang berada di tempat yang salah kepada Anda, bahkan jika Anda menganggap komentar itu bermakna.

“Saya tahu Ibu menghabiskan banyak waktu untuk berbicara dengan abang karena dia memberi Ibu cucu, dan ada sesuatu yang penting yang saya ingin Ibu ketahui tentang hidup saya juga.”

‘Ya, saya masih lajang, dan saya senang dengan itu, apakah kamu juga?’

‘Menggunakan kata gay untuk menggambarkan sesuatu yang rusak adalah tidak tepat. Saya gay dan tidak rusak. ‘

‘Saya tidak menghabiskan waktu saya berpesta, saya juga bekerja, tidur, makan, seperti semua manusia lainnya.’

Banyak klien saya merasa ingin mengadopsi bahasa baru. Mereka berkata: ‘Saya tidak ingin membuka konflik’, ‘Ini terlalu konfrontatif’. Saya menanggapi: membuat pernyataan kebenaran bukan tentang bersikap defensif atau konfrontatif, ini tentang memberikan informasi tentang diri Anda, dengan cara yang tegas. Perhatikan penyampaian pernyataan tersebut: jika Anda memiliki bahasa tubuh yang terbuka, suara yang tenang dan pertahankan kontak mata, Anda akan terdengar asertif dan kemungkinan anggota keluarga dapat mendengar Anda.

Sayangnya, beberapa dari kita memiliki keluarga yang tidak cukup baik. Terkadang, memutuskan mengenakan pakaian Anda sendiri mungkin bermaksud membuat keputusan berani untuk menolak undangan makan malam Natal.

Kita  memiliki keluarga kandung kita, dan kita memiliki keluarga pilihan kita, yang bisa terdiri dari teman, orang yang berpikiran sama, orang-orang yang membuat kita merasa nyaman, merasa dicintai dan merasa dipelihara..

Kita diberitahu bahwa Natal adalah waktu keluarga. Tapi saya pikir Natal adalah waktu untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang membawakan kepada kita kegembiraan, kehangatan dan cinta, baik mereka memiliki hubungan darah atau tidak.

Dimanapun Anda memilih untuk menghabiskan Natal tahun ini, berikan diri Anda hadiah untuk mengenakan pakaian Natal Anda sendiri.

Selamat Natal.


*Silva Neves adalah seorang psikoterapis, psikoterapis hubungan psikoseksual dan traumatologis klinis. Dapat dihubungi melalui twitternya @SilvaNeves3

 

Sumber:

gaytimes