Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Untuk pertama kalinya sebuah perusahaan publik di India mempekerjakan transgender perempuan. Walaupun transgender telah diakui sebagai ‘gender ketiga’ dan diberi hak yang sama, namun di negara ini diskriminasi masih saja terjadi.

Perempuan “hijra” tersebut dipekerjakan oleh Kochi Metro Rail, sebuah perusahaan transportasi yang berbasis di Kerala, India. Sebuah kota yang cukup progresif dalam menegakkan kesetaraan hak LGBT.

Para transgender tersebut diantaranya akan bekerja di bagian penjualan tiket dan tata laksana. Mereka pada akhir bulan ini akan dijadwalkan untuk mulai bekerja.

Direktur pengelola Kochi Metro Rail, Elias George, mengatakan “Kami ingin memberi anggota komunitas transgender hak mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang beragam di stasiun. Tidak ada diskriminasi antara mereka dan para pekerja perempuan lain”.

Ke 23 orang trangender perempuan tersebut dipilih dari 41.000 pelamar yang mengikuti tes tertulis yang dilanjutkan dengan wawancara. Mereka saat ini telah menerima pelatihan teknis dan keselamatan serta pendidikan layanan pelanggan.

George juga mengatakan bahwa Kochi Metro Rail adalah perusahaan milik pemerintah pertama di India yang secara resmi mempekerjakan mereka. Dia juga berharap agar perusahaan lain di Kerala memberi mereka kesempatan untuk bekerja.

Pada tahun 2014, Mahkamah Agung India mengakui individu transgender dan mengizinkan mereka mengubah dokumen resmi mereka menjadi ‘gender ketiga’. Namun mereka sampai saat ini masih berhadapan dengan diskriminasi. Mereka biasanya terpaksa mengemis di jalanan atau menari di pesta pernikahan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Juru bicara Kochi Metro Rail menambahkan, bahwa masyarakat masih belum sepenuhnya mau berinteraksi dengan transgender. Mereka hidup terpisah dari masyarakat, mereka sulit mendapatkan pekerjaan dan hak mereka tidak dihormati. Untuk itu Kochi Metro Rail  ingin membawa mereka ke tengah kehidupan masyarakat dengan memastikan bahwa masyarakat berinteraksi dengan mereka setiap hari, misalnya dalam perjalanan mereka untuk bekerja. (R.A.W)

Sumber:

Pink News