Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Media lokal melaporkan bahwa seorang trasgender telah terpilih untuk menjadi walikota, di sebuah kota kecil di negara bagian Texas, Amerika Serikat.

Jess Herbst, yang menjabat sebagai walikota New Hope, Texas melela melalui sebuah surat terbuka kepada warga.

“Sebagai walikota Anda, saya merasa harus memberitahukan kepada saya apa yang terjadi dalam hidup saya. Saya adalah seorang transgender” tulis Jess dalam surat tersebut.

Jass Herbst diangkat sebagai walikota setelah walikota sebelumnya meninggal dunia ketika menjabat.

Sebelumnya Jess terpilih untuk masuk ke dalam Dewan Kota sebagai alderman (anggota dewan kotapraja) dan road commissioner (pengawas konstruksi  jalan), menurut pernyataannya dalam situs New Hope.

“Saya tahu bahwa orang-orang transgender muncul sebagai titik terang dalam masyarakat kita, dan kita telah membuat langkah besar dalam beberapa tahun terakhir,” katanya

“Putri-putri saya menjadi pendukung dan mereka bangga mengatakan bahwa ayah mereka adalah seorang transgender” tambahnya.

Jess Herbst  mendokumentasikan pengalamannya di blog-nya, JessHerbst.com.

Kantor berita Texas Observer  mengatakan bahwa sebagai walikota di wilayah Collin County, dia adalah pejabat transgender pertama yang terpilih dalam sejarah Texas.

“Saya akan terus bekerja sebagai Walikota dan berharap untuk melakukan yang terbaik untuk kota,” kata Jess.

Isu transgender menjadi berita utama di Texas dalam beberapa bulan terakhir setelah Partai Republik meluncurkan apa yang disebut “Bathroom Bill”, sebuah proposal yang melarang orang-orang transgender dari menggunakan kamar mandi umum sesuai identifikasi gender mereka mereka.

Proposal tersebut telah menjadi penyulut api dalam pertempuran atas hak-hak transgender di Amerika Serikat. (R.A.W)

Sumber:

BBC