Search
Close this search box.
Sekjen PBB Ban Ki-moon. foto, www.msnbc.com
Sekjen PBB Ban Ki-moon. foto, www.msnbc.com

Suarakita.org– Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon menunjukkan solidaritasnya kepada  lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) dalam acara “Spirit Day”. Dukungan itu ia tunjukkan dengan memakai dasi dan kaus kaki yang sesuai dengan tema acara: “Go Purple”.

Di hadapan para wartawan, Ban bahkan tidak malu mengangkat celana panjangnya untuk menunjukkan kaus kaki ungu yang ia pakai. Warnanya sangat serasi dengan dasi yang ia kenakan di balik jas hitam yang selalu ia gunakan dalam acara resmi.
(baca: Walikota Seoul Ingin Korea Selatan Menjadi Negara Asia Pertama Yang Melegalkan Pernikahan Sejenis)

 

“Biasanya saya selalu pakai dasi biru yang khas dengan warna PBB. Tapi saya juga pernah pakai dasi oranye saat menyampaikan dukungan PBB untuk mengakhiri kekerasan pada perempuan,” kata Ban dalam konferensi pers, seperti dilaporkan BBC News, Kamis, 16 Oktober 2014.

Dalam kesempatan itu, Ban ingin menunjukkan bahwa PBB peduli masalah intimidasi dan diskriminasi yang sering diterima LGBT. Ban berjanji PBB akan terus menentang homophobia dan membela hak-hak semua orang di belahan dunia, termasuk LGBT.

Kaum LGBT memang sering mengalami intimidasi oleh orang-orang di sekitar mereka. Namun belakangan, sejumlah negara maju mulai memberikan dukungan dan kebebasan untuk kaum minoritas ini. Bahkan 30 negara bagian Amerika Serikat, seperti Indiana, Utah, Oklahoma, Virginia, dan Wisconsin, telah mengesahkan pernikahan sesama jenis. (Baca: 30 Negara Bagian AS Legalkan Pernikahan Gay)

Sumber: Tempo.co