Search
Close this search box.

Saatnya Mendengarkan Suara Korban Kekerasan Seksual

 

Suarakita.org- Kerumitan kasus perkosaan dicoba untuk dibongkar dalam Forum Kesaksian Korban Kekerasan Seksual di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Senin 14 2014.

Forum Kesaksian Korban ini merupakan bentuk kerja sama dari Jaringan Perempuan Perdamaian Indonesia (Peace Women Across the Globe—PWAG) dengan Departemen Filsafat FIB UI dan didukung oleh organisasi sosial serta organisasi perempuan antara lain; Megawati Institute serta Komunitas Penulis Perempuan Indonesia (KPPI).

Dalam sambutan acara, Saras Dewi selaku perwakilan dari Depertemen Filsafat FIB UI mengungkapkan bahwa pentingnya isu kekerasan seksual dibicarakan di dalam kampus karena di kampuslah perubahan cara pandang terhadap perkosaan bisa terjadi. Saras Dewi pun mengakui bahwa gerakan akademis masih sangat minim untuk membahas kekerasan seksual.

Berdasarkan data dari Komnas Perempuan tahun 2013 tercatat ada 2995 kasus kekerasan seksual pada perempuan. Dibandingkan tahun lalu, jumlah kasus kekerasan seksual tersebut naik 17 %, “Sudah saatnya suara korban didengarkan” ujar Saras Dewi.

Forum Kesaksian Korban memang sengaja didesain untuk memberi ruang bagi penyintas atau korban untuk bersuara. “Forum ini adalah forum untuk mendengarkan” kata Caroline Monteiro, aktivis PWAG.

Pada forum ini ada tiga orang penyintas perkosaan yang berani bersuara, bersaksi di depan audiens dan satu orang yang memberikan kesaksian secara tertutup. Kemudian para penyitas tragedi 65 pun berbagi pengalaman mereka dizalimi oleh rezim orde baru . (Gusti Bayu)