Search
Close this search box.

(Michael Platini dan Angela Merkel/Getty images)
(Michael Platini dan Angela Merkel/Getty images)

Pemain sepak bola gay, memang masih menjadi hal yang tabu hingga saat ini. Kaum gay yang masih aktif bermain sepak bola profesional kerap dipandang sebelah mata, bahkan tak sedikit yang mencibir.

Situasi itu membuat mereka pun enggan mengungkapkan jatidiri mereka yang sesungguhnya. Sebagian besar memilih menutup-nutupi orientasi seksualnya itu kepada publik.

Namun, berbagai dukungan perlahan mulai bermunculan. Salah satunya dari kanselir Jerman, Angela Merkel. Bahkan, dia pun menyarankan para pebola gay untuk keluar dari persembunyian dan mengakui jatidiri kepada publik.

Tabu homoseksualitas sendiri tengah marak jadi perbicangan publik Jerman setelah salah satu pebola dari Bundesliga, yang enggan menyebutkan namanya, mengaku sebagai gay.

“Ini opini saya, bahwa setiap orang berhak mengambil risiko untuk itu. Mereka harus sadar tengah tingal di negara di mana tak perlu ada rasa takut (mengaku homoseksual). Memang masih ada kekhawatiran dari mereka ketika semua itu terpublikasi. Tapi, sekali lagi ditekankan, tak perlu takut!” tegas Merkel.

Merkel pun yakin, cepat atau lambat pebola gay tak akan lagi menutupi identitas mereka. Dia pun menyarankan, semua pihak termasuk klub agar bereaksi bijak terkait hal itu. “Cepat atau lambat akan terjadi,” pungkas dia. (irawan)

Sumber : duniasoccer.com