Search
Close this search box.

Bendera Slovakia
Bendera Slovakia

Partai oposisi Slovakia, The opposition Freedom and Solidarity (SaS). Telah mengumumkan rencanya mengirimkan sebuah usulan rancangan undang-undang tentang kebijakan kemitraan bagi pasangan sejenis.  SaS berharap ini akan menjadi bahan pembicaraan pada sidang parlemen yang akan dilaksanakan bulan depan.

MP Martin Poliačik, seorang politisi dan anggota Dewan Nasional Republik Slovakia, yang juga anggota SaS, mengatakan : “usulan rancangan undang-undang   ini membahas masalah-masalah mendasar yang berkaitan dengan dua orang hidup bersama sebagai mitra. Selain itu RUU ini juga mencakup isu-isu tunjangan sosial, hak waris, juga akses kesehatan”.

Poliačik menambahkan bahwa ada  kemengkinan sebuah partai besar akan mendukung  rancangan undang-undang ini, tapi SaS, tidak akan menutup kemungkinan dilakukan konsesi (Konsesi merupakan suatu izin sehubungan dengan pekerjaan besar yang melibatkan kepentingan umum yang mana pekerjaan tersebut merupakan tugas pemerintah tetapi oleh pemerintah di berikan hak penyelenggaraan kepada konsesionaris (pemegang izin) yang bukan pejabat pemerintah. Dan Poliačik juga menegaskan bahwa konsensi tersebut tentunya konsessi yang wajar.

Pada tahun 2010, sempat diadakan gay pride, namun acara itu dibubarkan karena ratusan neo-Nazi dan kelompok anti gay, menyerang kerumunan para lgbt yang sedang berkumpul, lemparan batu, granat dan gas air mata mewarnai  kericuhan tersebut. puluhan orang terluka dalam insiden ini.

Penulis : Christopher Brocklebank/pinknews.co.uk/yatna pelangi