Search
Close this search box.

Ketua Menteri India. J Jayalalithaa (sumber : gaystarnews.com)
Ketua Menteri India. J Jayalalithaa (sumber : gaystarnews.com)

Pemerintah negara bagian India selatan, Tamil Nadu. Telah mengumumkan akan membuatkan dana pensiun untuk transjender/waria miskin.

Melalui ketua menteri India J Jayalalithaa, awal bulan ini dana sebesar 11,7 Rupee atau Kurang lebih dua milyar sudah dikucurkan. Legal India melaporkan.

Persyaratan utama untuk bisa mengakses dana pensiun adalah ia harus berkewarganegaraaan India, berusia lebih dari 40 tahun, dan ia harus dari kalangan transjender miskin.  Mereka akan mendapatkan dana sebesar 1.000 Rupee/ Rp. 171, 000. Perbulan.

Perkiraan jumlah perempuan transgender di Tamil Nadu bervariasi dari 30.000 sampai 300.000.

Setiap bulan april/mei di Tamil Nadu, tepatnya di desa Koovagan selalu selalu ramai dikunjungi oleh para transjender merayakan sebuah festival tahunan yang dilaksanakan selama lima belas hari, mulai dari ritual, hingga acara seminar dan juga kontes kecantikan transjender.

Pada tahun 2008, Pemerintah negara bagian Tamil Nadu. Telah menerapkan beberapa kebijakan diantaranya proyek perumahan untuk transjender.

Dalam konteks di Indonesia  mestinya sangat bisa dilakukan, karena pada umumnya kawan-kawan transjender adalah orang-orang yang sulit mendapatkan akses, baik itu akses pendidikan, pekerjaan dan juga kesejahteraan. Upaya advokasi yang intens dengan melibatkan banyak pihak merupakan jalan panjang yang harus ditempuh dan tak bisa ditawar lagi.

Penulis : Anna Leach/gaystarnews/yatna pelangi