Search
Close this search box.

Beograd, Serbia – Dua puluh tahun lalu, surat kabar di Sebia mencemooh bahwa transsexuality adalah tindakan melawan Allah. Saat ini, banyak orang datang dari seluruh penjuru dunia ke Serbia untuk melakukan penyesuaian  kelamin, yang sekarang disubsidi  asuransi kesehatan nasional.

“Hal ini tentu saja mengejutkan bahwa sebuah Negara  konservatif patriarkal menjadi pusat untuk penyesuaian kelamin, dan sikap antipatipun secara perlahan mulai bergeser,” ungkap Cristian,  seorang aktivis transgender dari Beograd yang enggan memberikan nama belakangnya.

Tahun 2011 Hampir 100 yang berasal dari : Perancis, Rusia, Iran, Amerika Serikat , Afrika Selatan, Singapura dan Australia. Melakukan penyesuaian kelamin di Serbia. Alasan utama mereka melakukan penyesuaian kelamin di Sebia  di Negeranya  cukup Kontraversial, rumit dan mahal. menurut Dr Miroslav Djordjevic, seorang profesor urologi yang memimpin Pusat Beograd.

Bahkan dalam dunia medis negara maju Eropa Barat seperti Perancis, beberapa ahli bedah mengeluh bahwa mereka tidak bisa mendapatkan pelatihan yang tepat. Di Inggris  biaya prosedur sekitar $ 15.000 dan ditutupi oleh National Health Service, 143 operasi tersebut dilakukan pada 2009, menurut laporan berita Inggris.

Dr Marci Bowers, seorang ginekolog di San Mateo, California, yang juga telah melakukan penyesuaian kelamin untuk didirinya sendiri.  Mengatakan bahwa sejak 10 tahun terakhir ini ia telah melakukan tugas penyesuaian kelamin kepada  1.100 orang di Amerika, namun hanya sekitar lima dokter bedah yang konsisten terhadap profesinya.

Bowers menambahkan bahwa posisi  para ahli dokter bedah kelamin sangat dilematis, di sebagian Negara yang menyediakan jasa penyesuaian kelamin masih di “hantui” oleh pandangan konservatif dan juga kekawatiran akan menjadi promosi bagi pariwisata transgender.

Pasien asing mengatakan mereka tertarik melakukan penyesuaian kelamin ke Serbia karena dengan harganya yang cukup terjangkau yaitu  sekitar $ 10.000 – dan di Amerika Serikat biaya yang harus ditanggung berkisar $ 50.000 atau lebih. Dan  untuk prosedur penyesuaian kelamin dari perempuan-ke-laki-laki bahkan lebih mahal.

Di Serbia, operasi dilakukan dalam prosedur enam jam saja. Untuk memenuhi syarat  melakukan penyesuaian kelamin,  pasien pasien diwajibkan membawa  dua surat rekomendasi dari spesialis kejiwaan, tahap selanjutnya pasien harus melakukan konseling setidaknya satu tahun, dilanjutkan dengan terapi hormon dan barulah dilakukan penyesuaian kelamin.

Serbia, Bulan maret lalu  menjadi calon anggota Uni Eropa. Dan tahun ini akan menggelar parade kebanggaan gay  (gay pride), seorang  aktivis gay mengatakan. Ini merupakan peristiwa  penting, karena tahun lalu pemerintah membubarkan  parade kebanggaan gay, dan terjadi  bentrokan yang diwarnai pelemparan bom Molotov,  dengan mengorbankan banyak orang. padahal  acara telah direncanakan setahun sebelumnya.

(Penulis : Dan Bilefsky/nytimes). Penterjemah : Yatna Pelangi.