Search
Close this search box.

Pengadilan Kota Cincinnati, Negara Bagian Ohio, Amerika Serikat, akhirnya mengizinkan seorang siswa SMA mengenakan kaus bergambar Yesus. Pemuda itu menuntut sekolah karena sempat melarang dia memakai kaus itu dengan alasan penistaan agama.

Surat kabar the Washington Post melaporkan, Selasa dua pekan lalu, siswa bernama Maverick Couch itu bersitegang dengan guru SMA Waynesville. Pada sidang kemarin, juri memutuskan sekolah bersalah dan didenda USD 20 ribu karena menghalangi kebebasan berekspresi seseorang

Alasan utama sekolah melarang Couch memakai kaos itu karena ada tulisan, “Yesus bukan seorang homofobia”. Pihak sekolah bulan lalu memaksa dia menanggalkan baju itu atau dia bakal kena sanksi. Couch merasa tindakan pihak sekolah semena-mena dan melanggar hak asasinya.

Dia mengaku sengaja mengenakan baju itu agar siswa gay seperti dia tidak takut menampilkan identitas di ruang publik. “Saya memakai baju itu sebagai tanda tidak malu menjadi gay. Sebaiknya siswa lain juga tak segan menunjukkan identitas asli,” ujar Couch.

Kemenangan siswa gay ini hanya berjarak dua pekan dari pidato bersejarah Presiden Barack Hussein Obama. Dia menjadi satu-satunya pemimpin tertinggi Amerika yang mendukung pernikahan sejenis. Isu ini segera menjadi polemik di masyarakat, sebagian mendukung, yang lain menolak.

Negara Bagian Ohio yang baru saja memenangkan gugatan Couch merupakan salah satu basis warga konservatif yang menolak hubungan sejenis. Keputusan hukum atas kasus kaus Yesus ini mengejutkan karena biasanya warga gay dan minoritas lain kerap kalah di pengadilan.

Pada 2004, warga negara bagian ini menolak undang-undang yang mengizinkan pernikahan sesama jenis. Saat itu, 62 persen penduduk tidak ingin pasangan gay menikah di wilayah itu. Bahkan tahun lalu, jajak pendapat menyatakan separuh lebih warga Ohio berpendapat hubungan gay dan lesbian sebaiknya dianggap ilegal. (mdk/ard)

sumber : http://m.merdeka.com

gambar : http://article.wn.comCINCINNATI — A gay student who sued his Ohio high school for prohibiting him from wearing a T-shirt designed to urge tolerance of gays will be allowed to wear the shirt to school whenever he chooses.

A judgment agreed to by Maverick Couch and the Waynesville Local School District was entered Monday in federal court in Cincinnati. It allows the teenager to wear the “Jesus Is Not A Homophobe” T-shirt and says the district must pay $20,000 in damages and court costs.

The lawsuit alleged that the district northeast of Cincinnati had violated Couch’s freedom of expression rights.

The district did not immediately return calls Monday seeking comment.

Couch said the shirt is a statement of pride and he hopes other students now know they can feel pride, too.

source : http://www.huffingtonpost.com