Search
Close this search box.

Jenna Talackova, transgender pertama peserta kontes Miss Universe Kanada akhirnya gagal menjadi yang terbaik dalam ajang adu kecantikan itu.

Talackova, 23, bersaing dengan 61 peserta lainnya dan mampu menembus babak 12 besar sebelum akhirnya gagal melaju ke babak lima besar.

Ajang Miss Universe Kanada ini akhirnya dimenangkan Sahar Biniaz, 26, sekaligus mewakili Kanada dalam ajang Miss Universe yang akan digelar Desember mendatang.

Talackova yang bersama empat kontestan lain menyabet gelar Miss Congeniality atau Putri Keserasian dilahirkan sebagai seorang pria dan melakukan operasi kelamin empat tahun lalu.

Warga asli Vancouver, British Columbia itu awalnya ditolak saat mendaftarkan diri untuk mengikuti kontes Miss Universe Kanada karena dia tidak dilahirkan sebagai perempuan.

Namun, saat tampil mengenakan bikini dan gaun malam, Talackova yang berambut pirang dan memiliki tinggi badan 1,81 meter itu memukau penonton dan selalu mendapat sambutan hangat setiap kali tampil.

Menarik perhatian

Keterlibatan Talackova dalam ajang kontes kecantikan ini menarik perhatian internasional ketika dia menyewa pengacara terkenal Gloria Allred saat mengajukan gugatan ketika panitia menolak keikutsertaannya.

Aturan kontes yang dikelola organisasi milik miluner Donald Trump ini menegaskan setiap peserta harus ‘secara alamiah’ dilahirkan sebagai perempuan.

Namun, tak lama setelah Talackova dan Allred menggelar konferensi pers di Los Angeles soal perlakuan yang diterimanya dari panitia kontes, nasib Talackova pun berubah.

Organisasi Miss Universe melalui situs resminya di Kanada mengeluarkan pernyataan yang memperbolehkan Talackova ikut serta dalam kontes kecantikan itu.

Panitia beralasan Talackova sudah memenuhi persyaratan jender yang ditetapkan di Kanada dan standar itu juga diterima oleh kompetisi internasional lainnya.

Terkait kegagalan Talackova di ajang Miss Universe Kanada ini, kuasa hukumnya Gloria Allred mengatakan kliennya itu tak perlu terlalu kecewa.

“Menurut saya dia sudah menjadi pemenang,” kata Allred.

“Dia telah memenangkan hak sipilnya dan saya kira hal itu jauh lebih penting ketimbang kemenangan apapun termasuk menjadi Putri Kanada,” tambah dia.

Merasa perempuan

Talackova lahir dari ayah berkebangsaan Cekoslovakia dan ibu yang penduduk asli Kanada. Dia mengklaim sudah merasakan ada yang berbeda di dalam tubuhnya sejak masih anak-anak.

Perubahan kelaminnya sulit ditutupi karena sebelumnya Talackova sudah pernah mengikuti kontes kecantikan khusus untuk transgender dan transeksual di Pattaya, Thailand pada 2010.

Dalam video yang berisi wawancara saat dia mengikuti kontes di Thailand itu, Talackova mengaku sudah merasa menjadi perempuan sejak usia empat tahun.

Dia kemudian menjalani terapi hormon pada usia 14 dan menjalani operasi perubahan kelamin pada usianya yang ke-19.

Kontroversi di sekitar keikutsertaan dalam kontes Miss Universe Kanada muncul setelah seorang blogger mengenalinya sebagai salah satu peserta kontes kecantikan transgender di Thailand dan mengunggah hal itu ke internet.

sumber : http://www.bbc.co.uk