Search
Close this search box.

Iring-iringan sekitar 40 peserta parade gay pride IDAHO ( Hari Internasional Melawan Homofobia) di jalanan ibukota Georgia, Tbilisi, hari Kamis (17/05/2012) berakhir ricuh, lapor France24 (18/05/2012).

Puluhan anggota kelompok radikal Kristen Orthodoks, yang dipimpin para pendeta, mengepung dan memerintahkan peserta parade yang terdiri dari LGBT diminta untuk berhenti.

Pertemuan kedua kelompok itu pun berubah menjadi pertempuran adu jotos. Polisi menangkap beberapa orang dari kedua kelompok.

Menurut wartawan media setempat, orang-orang Kristen Orthodoks itu berasal dari kelompok yang berpengaruh bernama Union of Orthodox Parents. Salah seorang aktivis Kristen itu terlihat menginjak bendera Pelangi.

Sementara itu pada hari yang sama di kota St Petersburg, Rusia, terjadi bentrokan serupa.

Kelompok aktivis anti gay melakukan aksi demonstrasi dengan membawa salib, seraya meneriakkan ancaman mati kepada kelompok  LGBT, yang sedang merayakan IDAHO di sebuah taman dengan membagi-bagikan balon warna-warni kepada pelintas jalan.

Karena keadaan semakin tidak kondusif kemudian parade dihentikan setelah melakukan orasi beberapa menit, lansir Russia Today (18/05/2012).

Sedikitnya dua orang gay dilaporkan terluka dalam bentrokan yang terjadi di antara kedua kelompok.*

sumber : http://www.gaystarnews.com

photo : Reuters