Search
Close this search box.

Bogota (AFP/ANTARA) – Kolombia pada Rabu menyetujui permintaan adopsi dua orang anak yang dilakukan seorang lelaki gay Amerika setelah pencabutan hak perwalian anak karena orientasi seksualnya, dalam keputusan yang dipuji kelompok hak asasi gay.

Keputusan Mahkamah Konstitusi negara itu memberikan izin kepada dua bersaudara berusia 10 dan 13 diadopsi Chandler Burr secara resmi, yang hak asuh sebelumnya dipertanyakan karena orientasi seksualnya.

Burr, seorang wartawan lajang yang menulis untuk New York Times, secara hukum mengadopsi dua anak laki-laki pada Maret 2011 setelah dua tahun pengurusan dokumen.

Tapi Institut Kesejahteraan Keluarga Kolombia keberatan dengan keberangkatan yang mereka rencanakan ke Amerika Serikat, hal ini disebabkan atas alasan orientasi seksual Burr.

Pengacara Burr German Rincon memuji “sejarah” keputusan pengadilan untuk menyisihkan “prasangka dan pengaruh religius dan pengaruh konservatif” yang megelilingi kasus itu.

Kolombia, yang hampir setengah populasinya hidup di bawah garis kemiskinan, mempromosikan adopsi internasional. Dari 3.058 orang anak yang diadopsi pada 2010, 1.999 orang anak diadopsi orang asing, menurut Institut Kesejahteraan Keluarga.

Di Kolombia, pasangan gay memiliki hak hukum yang sama dengan pasangan heteroseksual dalam hal layanan sosial dan warisan, tetapi tidak dapat menikah dan belum diizinkan untuk mengadopsi.(nn/mp)

sumber : http://id.berita.yahoo.com

photo : www.upi.com