Search
Close this search box.

Saat ini, isu lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) memang menjadi salah satu bahasan yang fenomenal. Isu perjuangan hak-hak LGBT  banyak  menimbulkan pro dan kontra,  tidak cukup sampai disitu ternyata isu lgbt  memberikan banyak dampak di berbagai aspek masyarakat.

Salah satu dampak yang cukup banyak disorot akhir-akhir ini adalah seputar penolakan Lady Gaga untuk mengadakan konser di Indonesia. Di antara sekian banyak alasan penolakan tersebut, keterlibatan Lady Gagadalam perjuangan LGBT ternyata juga masuk di antaranya.

Namun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa kontroversi terkait LGBT bukan hanya milik Lady Gaga. Walaupun sebagian kalangan jelas-jelas menilai perjuangan hak-hak LGBT bertentangan dengan norma-norma yang ada dimasyarakat. walau demikian banyak pejuang LGBT yang tetap gigih untuk mendukung dan memperjuangkan hak-hak lgbt. So, seperti apa kiprah para pejuang ini? Simak ulasan berikut!

1. Lady GaGa
Muda, kaya, terkenal namun juga kontroversial. Mungkin itulah alasan Lady Gaga ditolak di Indonesia. Namun demikian, kita tak bisa memungkiri bahwa pelantun tembang Born This Way ini begitu dicintai fans karena perjuangannya untuk kaum LGBT.

Lewat yayasan Born This Way yang dikelolanya bersama sang ibu, Mother Monster ini berusaha memberdayakan kaum muda agar punya kapasitas di masyarakat. Tak hanya memperjuangkan hak kaum LGBT dan kaum muda,Gaga juga sangat vokal memerangi tindak bullying yang kini melanda dunia.

2. Angelina Jolie
Kiprah sosial perempuan yang satu  ini memang tak perlu diragukan. Bagaimana tidak, dia telah mendapat banyak kepercayaan dari PBB untuk mengemban misi-misi penting di seluruh dunia.

Perjuangan totalnya untuk kaum LGBT ternyata juga merembet ke kehidupan pribadi. Kekasih Brad Pitt ini pernah mengungkapkan bahwa dia takkan menikah lagi sebelum legalisasi kesetaraan pernikahan disahkan.

3. Brad Pitt
Mungkin kiprah Brad Pitt di bidang sosial tak seluas pasangannya,Angelina Jolie. Namun komitmen untuk memperjuangkan hak-hak  lgbt  dalam dirinya juga patut diacungi jempol.

Walaupun kini telah bertunangan dengan Angelina, namun Brad masih punya keinginan untuk takkan menikah sebelum pernikahan sesama jenis dilegalkan. Great!

4. Daniel Radcliffe
Usianya memang masih muda. Namun di balik itu, bintang HARRY POTTERini memiliki kepedulian sosial yang cukup tinggi terhadap  LGBT. Sejak tahun 2009, Daniel telah bekerja untuk Trevor Project.

Di Trevor Project, Daniel berusaha memberikan perhatian dan dukungan untuk kaum LGBT yang merasa tertindas. Seiring dengan pandangan negatif masyarakat terhadap LGBT, mereka memang rentan mengalami bullying yang seringkali berakhir dengan tindak bunuh diri.

5. Barack Obama
Orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut baru-baru ini mengungkapkan dukungannya pada pernikahan sesama jenis. Barack Obama mengatakan bahwa LGBT di negaranya harus diperlakukan dengan adil.

Kepentingan politik memang bisa saja menjadi alasan munculnya pernyataan Barack tersebut. Namun terlepas dari itu, sikap sang Presiden tersebut tentunya mendapat sambutan meriah dari banyak pihak.

6. Anne Hathaway
Ada cerita menarik di balik perjuangan Anne Hathaway membela LGBT. Dia dan keluarga sepakat meninggalkan gereja Katolik yang selama ini menjadi tempat mereka mengabdikan diri setelah tahun bahwa saudaranya yang bernama Michael ternyata gay.

Keputusan untuk meninggalkan gereja tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, dia tak perlu mendukung organisasi yang berpikiran picik tentang saudaranya tersebut. Dare decision!

7. Adam Levine
Pentolan Maroon 5 bukanlah  LGBT Namun kepeduliannya terhadap perjuangan hak-hak LGBT tidak perlu diragukan lagi. Bagi Adam manusia tidak seharusnya berpikiran picik terhadap kaum LGBT. Pasalnya, mereka juga manusia yang punya rasa dan karsa. Mereka juga bukan manusia tak berguna yang layak dipandang sebelah mata.

 

8. Kelly Osbourne
Bagi Kelly memandang rendah orientasi seksual seseorang adalah hal rendah. Pasalnya, memilih pasangan adalah soal hati yang pada dasarnya tak bisa diganggu gugat oleh siapapun.

Tahun 2010, Kelly pun mengungkapkan dukungannya kepada LGBT. Dia yakin bahwa membatasi orientasi seksual seseorang adalah hal yang tak bisa diterima akal sehat.

9. Pete Wentz
Tak berbeda dengan pejuang LGBT lainnya, Pete Wentz percaya bahwa pernikahan gay adalah masalah yang harus diurus secara tuntas. Ekualitas yang selama ini menjadi ‘dewa’ di Amerika seharusnya menjadi pertimbangan dalam hal ini.

“Kita tak seharusnya membiarkan ketidakadilan ini terjadi di Amerika,” demikian yang pernah diungkapkannya.

10. Kristen Bell
Bintang SCREAM 4 ini bekerja sama dengan FriendFactor untuk memperjuangkan pernikahan gay.

Walau lebih banyak memusatkan perjuangan di New York City, namun dia berharap semua orang akan menyadari hal ini.

Demikianlah sepak terjang artis-artis Hollywood yang selama ini dikenal getol memperjuangkan hak-hak LGBT. Walaupun mereka bukan LGBT, namun kesadaran,  dan kepedulian mereka tentang persamaan Hak Asasi Manusia  telah membuka mata dunia.

Bagimana dengan selebritis di Indonesia?

sumber : www.kapanlagi.com