Search
Close this search box.


SuaraKita.org – Pemerintah kota Fukuoka akan memperkenalkan sebuah sistem baru di tahun fiskal 2018 yang secara resmi akan mengakui hubungan sesama jenis sebagai pasangan.

Fukuoka yang merupakan wilayah terbesar di pulau Kyushu dalam hal populasi – bertujuan untuk memulai prakarsa ini pada tanggal 1 April 2018, setelah menyusun kerangka dasar mengenai prosedur dari sistem tersebut.

Dengan nama “partnership oath system” kerangka baru tersebut akan memungkinkan pasangan sesama jenis untuk menerima “tanda terima”, sebagai balasan atas surat sumpah pasangan yang ditandatangani ke Pemerintah Kota Fukuoka. Sistem ini juga mempertimbangkan untuk memberi tindakan pendukung seperti layanan konsultasi LGBT.

Jika sistem benar-benar diluncurkan, Fukuoka akan menjadi kota besar kedua yang ditunjuk pemerintah Jepang setelah Sapporo, dan kota kedua di wilayah Kyushu-Okinawa setelah Naha, untuk mewujudkan inisiatif semacam itu. Pemohon yang memenuhi syarat kemungkinan besar adalah orang dewasa yang berusia 20 tahun atau lebih yang tinggal atau berencana pindah ke Fukuoka, dan yang belum menikah dengan orang lain. Berdasarkan rencana yang dipertimbangkan pemerintah kota, pemohon akan menyerahkan sumpah mereka yang ditandatangani beserta dokumen pendaftaran tempat tinggal dan sertifikat yang menunjukkan status lajang.

“Tanda terima” surat sumpah tersebut tidak memiliki kekuatan yang mengikat dalam hal hak dan kewajiban hukum. Namun, bergerak untuk memperlakukan pasangan sesama jenis saat mereka berada di enam kotamadya Jepang telah memberlakukan sistem semacam itu. Pada saat yang sama, beberapa perusahaan dan rumah sakit akan bergerak untuk mengenali pasangan sesama jenis sebagai penerima manfaat asuransi jiwa yang layak, atau saat anggota keluarga memberikan persetujuan atas keputusan yang terkait dengan kondisi medis.

Pada pertemuan majelis kota pada bulan September 2017, Walikota Fukuoka Soichiro Takashima menyatakan, “Saya akan mempertimbangkan untuk memperkenalkan kerangka dukungan untuk minoritas seksual yang mencakup sistem kemitraan, dengan tujuan menciptakan masyarakat yang lebih inklusif yang mengakui keberagaman,” sebagai tanggapan atas permintaan dari organisasi terkait. (R.A.W)

Sumber:

Mainichi