Search
Close this search box.

Ourvoice.or.id. Pasangan yang berbahagia itu keduanya mengenakan gaun putih layaknya cerita di negeri dongeng.

Dua wanita lesbian Jepang menjadi pasangan homoseksual pertama yang menikah di lokasi wisata Tokyo Disney Resort.

Tidak seperti pasangan homoseksual lain yang biasanya salah satu pasangan menggunakan busana pria saat menikah, pasangan yang berbahagia itu keduanya mengenakan gaun putih layaknya cerita di negeri dongeng.

“Kekasih saya, Hiroko, dan saya mengenakan gaun pengantin dan kami melakukan parade kecil di Disney Sea, tempat yang saya cintai juga,” kata Koyuki Higashi (28) lewat kicauannya di Twitter.

Higashi, aktris yang menjadi aktivis kaum gay, dan pasangannya, Hiroko, yang keduanya tidak mengungkapkan nama lengkap mereka, mengunggah ke jejaring sosial mengenai rencana pernikahan mereka, dari ritual pernikahan bergaya Kristen hingga menaiki gondola yang romantis.

“Saya sangat bahagia,” ujar Higashi.

Seorang bintang film porno Jepang, Masaki Koh, mengucapkan selamat kepada pasangan lesbian itu. “Pernikahanmu yang indah akan menjadi inspirasi dan harapan bagi banyak orang yang masih sungkan untuk menentukan langkah pertama mereka. Saya juga sangat senang karena Tokyo Disney Resort sangat pengertian,” katanya.

Momen pernikahan Jumat (1/3) lalu itu merupakan pernikahan homoseksual pertama di wahana hiburan yang sangat terkenal di Jepang walaupun pernikahan sesama jenis belum diatur secara hukum di negara itu.

Perusahaan Walt Disney telah sejak lama memperbolehkan perayaan pernikahan sesama jenis dilakukan. Tapi sejak tahun 2007, pihak Disney mensyaratkan pasangan sesama jenis untuk membeli paket pernikahan yang mewah, dengan serangkaian acara, karakter-karakter Disney dan tampilan publik di wahananya.

“Kami mungkin tidak memiliki legalisasi, tapi saat seseorang memberikan selamat kepada kami atas pernikahan, saya akan dengan bangga mengatakan ‘terima kasih’,” kata Higashi.

Pasangan itu menjadi berita utama di banyak media lokal setelah tempat wisata hiburan di Tokyo itu mengatakan kepada mereka bahwa tidak ada masalah melakukan pernikahan sesama jenis asalkan salah satu dari mereka mengenakan baju perempuan atau laki-laki pada upacara pernikahan.

Salah seorang pegawai Disney Resort mengatakan pernikahan sesama jenis akan menimbulkan kehebohan di antara pengunjung jika keduanya mengenakan gaun pengantin atau keduanya mengenakan tuxedo.

Namun hanya beberapa hari kemudian, tempat wisata itu mengatakan bahwa pernyataan awal mereka salah sehingga pasangan homoseksual bisa bebas mengenakan baju apa saja yang mereka ingin kenakan.

Higashi menunggah foto pernikahannya ke Twitter, yang menggambarkan kedua pasangan pengantin itu mengenakan gaun putih serta ditemani figur kartun terkenal Mickey dan Minnie Mouse.

Sumber : beritasatu.com