Search
Close this search box.
Ilustrasi teman Facebook. ©teknofil.no

Ourvoice.or.id. Memblokir atau menghapus seseorang dari daftar teman Anda di Facebook tampaknya adalah hal kecil yang tak akan berimbas apapun. Namun kenyataannya, hal ini bisa menyebabkan masalah di dunia nyata. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang dihapus dari daftar teman Facebook seseorang bisa jadi menghindari orang yang menghapusnya tersebut selamanya.

Christopher Sibona, peneliti dari University of Colorado di Denver menjelaskan bahwa meski orang menggunakan Facebook untuk hiburan, namun semua tindakan di Facebook bisa berimbas ke dunia nyata.

Dia menemukan bahwa 40 persen orang yang dihapus dari daftar teman Facebook temannya akan menghindari dan tak lagi berteman dengan orang tersebut di dunia nyata. Sementara 10 persen orang masih merasa ragu mengenai hal ini. Diketahui bahwa wanita lebih mungkin memutuskan kontak dibandingkan pria.

Penelitian yang dilakukan pada 582 orang melalui Twitter ini menunjukkan Lima alasan teratas mengapa seseorang dihapus dari daftar teman Facebook, antara lain.

1. Sering menulis status atau post yang tidak penting.

2. Sering menulis status atau post yang berbau keagamaan atau politik yang terlalu ekstrem.

3. Sering menulis status atau post yang berbau seks dan rasisme.

4. Profil Facebook yang terlalu membosankan dan tidak menyenangkan untuk dibaca.

5.Sering melakukan teror melalui inbok

Meski begitu, hal ini bisa memberikan keuntungan bagi hubungan percintaan. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa menghapus mantan kekasih dari daftar teman Facebook bisa mempercepat proses move on serta menghindari terjadi cyberstalking oleh mantan.

Jadi, sebelum memutuskan untuk menghapus teman dari daftar Facebook, pastikan anda punya alasan yang kuat.[kun]

Sumber : merdeka.com