Search
Close this search box.

 

Foto : Barney Frank (Daily Mail)
Foto : Barney Frank (Daily Mail)

Ourvoice.or.id. Seorang pensiunan anggota Kongres Amerika Serikat (AS) Barney Frank akan menduduki kursi Senator Massachusetts menggantikan Senator John Kerry. Frank tampaknya akan menjadi senator gay pertama di AS.

Seperti diketahui, Kerry akan segera menggantikan posisi Hillary Clinton sebagai Menteri Luar Negeri AS. Oleh karena itulah, posisi Kerry patut digantikan untuk sementara waktu dan Frank dipastikan mengisi kekosongan di kursi Kerry.

Dalam acara di stasiun televisi MSNBC, Frank mengatakan bahwa, dirinya meminta Gubernur Deval Patrick agar menunjuknya sebagai senator sementara hingga pemilu digelar. Namun Gubernur Patrick tidak langsung memberikan komentarnya. Demikian, seperti diberitakan Daily Mail, Sabtu (5/1/2013).

Patrick merupakan seseorang yang meresmikan pernikahan Frank dengan kekasihnya James Ready. Setelah menikah dengan kekasih sejenisnya, Frank langsung dinobatkan sebagai anggota Kongres AS pertama yang menikah dengan sesama jenis.

Dalam sejarah AS, gelar senator lesbian pertama berhasil disandang oleh Tammy Baldwin. Baldwin merupakan seorang Senator AS dari Wisconsin.

Di bawah Konstitusi AS, seorang gubernur harus mengisi kekosongan di kursi senat, bila senator yang bersangkutan resmi ditunjuk sebagai menteri. Bila John Kerry menjadi Menlu AS, pemilu khusus akan digelar lima bulan mendatang.

Frank pada awalnya menolak untuk ditunjuk sebagai Senator AS, namun isu fiscal cliff tampaknya menarik perhatian pria berusia 72 tahun itu. Frank sebelumnya memimpin Komite Pelayanan Finansial di Senat AS.

Selain Frank, adapula nama-nama politisi senior yang dipastikan menduduki kursi Kerry. Mereka adalah mantan Gubernur Massachusetts Michael Dukakis dan janda dari mantan Senator Edward Kennedy, Victoria Kennedy.

Sementara itu untuk pemilu khusus, mantan anggota Kongres Edward Markey dan mantan Senator Scott Brown akan mencalonkan dirinya. Frank pun tidak akan mencalonkan diri di pemilu khusus tersebut.(AUL)

Sumber : okezone.com