Search
Close this search box.

Ourvoice.or.id. Orang Yunani juga memiliki banyak sekali pelacur laki-laki; πόρνοι pórnoi.[1] Beberapa dari mereka ditujukan pada klien perempuan: keberadaan gigolo dikonfirmasi di era klasik. Dengan demikian, dalam Aristophanes di Plutus (ayat 960-1095) seorang wanita tua mengeluh tentang setelah menghabiskan semua uangnya pada kekasih muda yang kini meninggalkannya. Sebagian besar pelacur laki-laki, bagaimanapun, juga ditujukan untuk pelanggan laki-laki

Prostitusi dan perjantanan

Bertentangan dengan prostitusi perempuan, yang mencakup semua kelompok umur, prostitusi laki-laki pada hakikatnya terbatas pada remaja. Pseudo-Lucian, pada karyanya yaitu Hubungan Cinta dari Hati (25-26) secara tegas menyatakan:

Jadi dari perawan sampai usia pertengahan, sebelum waktu ketika keriput yang terakhir muncul di usia tua akhirnya tersebar di wajahnya, seorang wanita adalah setumpuk hal yang menyenangkan bagi seorang pria untuk dipeluk, dan bahkan jika keindahan utamanya adalah masa lalu, namun “Dengan pengalaman lidah yang lebih bijaksana adakah berbicara lebih mungkin dengan seorang anak muda.” Tapi orang yang sangat yang harus membuat upaya pada anak laki-laki dua puluh tampaknya saya menjadi tidak wajar dan dengan penuh nafsu mengejar cinta samar-samar. Untuk kemudian anggota tubunya, menjadi besar dan jantan, keras, dagu yang dulu lembut yang kemudian menjadi kasar dan ditutupi dengan bulu, dan pahanya berkembang dengan baik adalah karena telah dinodai dengan rambut.[2]

Periode di mana remaja dinilai sebagai yang diinginkan diperpanjang dari masa pubertas sampai munculnya jenggot, para pemuda yang mulai ditumbuhi rambut menjadi objek kasih yang ditandai diantara orang Yunani. Dengan demikian, ada banyak kasus laki-laki menjaga anak laki-laki yang lebih tua sebagai pecinta, tapi dengan menghilangkan rambut mereka. Namun, anak-anak ini terus yang dipandang rendah, dan jika hal tersebut muncul ke perhatian publik mereka tidak diberi hak kewarganegaraan pada masa yang akan datang pada saat masa dewasa mereka. Dalam salah satu wacana (Against Timarkhos, I, 745), Aeschines berpendapat terhadap satu orang seperti itu di pengadilan, yang di masa mudanya pernah menjadi pendamping terkenal.

Seperti rekan wanitanya, prostitusi laki-laki di Yunani bukan objek skandal. Rumah bordil untuk budak anak laki-laki ada secara terbuka, tidak hanya di “distrik lampu merah” dari PiraeusKerameikon, atau Lycabettus, tapi di seluruh kota. Yang paling terkenal diantara pelacur muda mungkin adalah Phaedo dari Elis. Dikurangi dengan perbudakan selama penangkapan di kotanya, ia dikirim untuk bekerja di rumah bordil sampai diperhatikan oleh Socrates, yang memiliki kebebasannya dengan membelinya. Pemuda itu menjadi pengikut Socrates dan memberikan namanya menjadi dialog Phaedo, yang terkait dengan jam-jam terakhir Socrates[3]. Pria tidak dibebaskan dari pajak kota kepada pelacur. Klien seperti itu rumah bordil tidak menerima penolakan baik dari pengadilan atau dari opini publik.

Prostitusi dan kewarganegaraan

Keberadaan prostitusi laki-laki dalam skala besar menunjukkan bahwa perjantanan tidak terbatas pada kelas sosial tunggal. Jika beberapa bagian dari masyarakat tidak punya waktu atau sarana untuk mempraktekkan ritual aristokrat yang saling berhubungan (spectating di gimnasium, masa pacaran, saling menghadiahi)[4], mereka semua bisa memenuhi keinginan mereka dengan pelacur. Anak-anak laki-laki juga menerima perlindungan hukum yang sama dari serangan seperti rekan-rekan perempuan mereka.

Hubungan seksual dengan budak tidak tampak telah menjadi pilihan luas; Penyebutan pertama tidak terjadi sampai 390 SM[5]. Alasan lain untuk beralih ke pelacur adalah tindakan seksual yang tabu seperti: fellatio dianggap merendahkan oleh orang Yunani. Karena itu, dalam hubungan perjantanan, erastes (kekasih dewasa) tidak dibenarkan meminta seorang warga negara di masa yang akan datang eromenos (kekasih muda) untuk melakukan tindakan ini, dan harus mengambil jalan dengan seorang pelacur.

Akibatnya, meskipun pelacuran itu sah, secara sosial itu memalukan. Itu umumnya domain dari budak atau yang lebih umum adalah bukan warga negara. Di Athena, untuk warga negara, hal itu memiliki konsekuensi politik yang signifikan, seperti atimia (ἀτιμία); hilangnya hak-hak sipil publik. Hal ini ditunjukkan dalam Penuntutan Timarkhos: Aeschines dituduh oleh Timarkhos, untuk membela diri, Aeschines menuduh penuduhnya telah menjadi pelacur di masa mudanya. Konsekuensinya, Timarkhos dilucuti hak-hak sipilnya, salah satunya hak untuk memiliki kemampuan untuk mengajukan tuntutan terhadap seseorang. Sebaliknya, melacurkan seorang remaja, atau menawarkan dia uang untuk kenikmatan, itu dilarang keras karena bisa menyebabkan hilangnya masa depan kaum muda yang berkaitan dengan status hukum mereka.

Alasan Yunani dijelaskan oleh Aeschines (bait 29), saat ia mengutip dokimasia (δοκιμασία): warga negara yang dilacurkan oleh dirinya sendiri (πεπορνευμένος peporneuménos) atau menyebabkan dirinya menjadi begitu dipelihara (ἡταιρηκώς hētairēkós) telah kehilangan hak untuk membuat pernyataan publik karena “dia yang telah menjual tubuhnya sendiri untuk kesenangan orang lain (ἐφ’ ὕβρει eph’ hybrei) tidak akan ragu untuk menjual kepentingan masyarakat secara keseluruhan.” Menurut Polybius (XII, 15, 1), tuduhan terhadap Timaeus Agathocles memerankan tema yang sama: seorang pelacur adalah seseorang yang kehilangan martabat mereka sendiri untuk keinginan lain, “pelacur umumnya (κοινὸν πόρνον koinòn pórnon) yang tersedia untuk paling bermoral, seekor gagak [6], seekor burung pemakan bangkai[7] menghadirkan sesuatu di baliknya untuk siapapun yang menginginkannya.”

Biaya-biaya

Seperti pelacur perempuan, biaya sangat bervariasi. Athenaeus (VI, 241) menyebutkan seorang anak yang menawarkan kenikmatannya untuk satu obolus; lagi, biasa-biasa saja dari harga ini menyebutnya ke dalam keraguan beberapa. Straton Sardis, seorang penulis karya sindirannya di abad ke-2, mengingat transaksi sebesar lima drachma (Palatine antologi, XII, 239). Surat pseudo-Aeschines (VII, 3) memperkirakan pendapatan satu Melanopous sebesar 3.000 drachma; mungkin sepanjang karirnya.

Kategori-kategori prostitusi laki-laki harus dapat diperoleh kembali; Aeschines, dalam Penuntutan Timarkhos (bait 29, lihat di atas) membedakan antara pelacur dan anak laki-laki yang disimpan. Dia menambahkan sedikit kemudian (bait 51-52) bahwa jika Timarkhos merasa puas untuk tinggal dengan pelindung pertama, perilakunya akan berkurang tercelanya. Bukan hanya itu Timarkhos meninggalkan orang ini yang tidak lagi memiliki dana untuk mendukung dia tapi bahwa ia telah ‘mengumpulkan’ pelindung; membuktikan, menurut Aeschines, bahwa dia bukan anak yang disimpan (hêtairêkôs), tetapi pelacur vulgar (peporneumenos).

Catatan

  1. ^ The first recorded use of this word is in graffiti from the island of Thera(Inscriptiones Græcæ, XII, 3, 536). The second is in Aristophanes‘ Plutus, which dates from 390 BCE
  2. Pseudo-Lucian, Affairs of the Heart, trans. A.M. Harmon (Loeb edition)
  3. Cited in Diogenes Laertius, II, 31.
  4. The ἀρπαγμός harpagmos, a Cretan ritual abduction lasting supposedly two months, is hardly compatible with having full-time employment
  5. XenophonSymposium. In contrast, the practice was common in ancient Rome.
  6. To the Greeks, the jackdaw or jay did not have a good reputation; hence the phrase “jays with jays”, or “like attracts like”, and the word is used as an insult.
  7.  In Classical Greek, the word used for buzzard was τριόρχης triórkhês—literally meaning “with three balls”; the animal wαs thus a symbol of lasciviousness.
Sumber : id.wikipedia.org