Search
Close this search box.
Poecilia mexicana (Foto: Sciencemag)
Poecilia mexicana (Foto: Sciencemag)

Ourvoice.or.id. Peneliti mengidentifikasi ikan Poecilia mexicana yang memiliki sifat unik, yang dikatakan sebagai ikan homoseks. Mereka juga menemukan bahwa spesies ikan jantan ini mampu memiliki pasangan betina, dengan cara mendekati ikan jantan lainnya.Dilansir Sciencemag, Rabu (12/12/2012), betina di banyak spesies hewan memiliki ketertarikan pada hewan jantan, terutama hewan jantan yang “mencolok” atau berbeda dari kebanyakan hewan jantan lainnya.

Di antara hewan yang kawin dengan banyak pasangan, ikan jantan Poecilia mexicana mampu menggaet satu ikan betina dengan cara menggoda ikan jantan yang lebih besar. Penelitian menunjukkan, perilaku ini meningkatkan peluang untuk memberikan daya tarik tinggi terhadap ikan betina.

Ikan air tawar Poecilia mexicana ini berhasil direkam melalui video oleh para peneliti. Peneliti menunjukkan video rekaman ikan betina, di mana terdapat ikan jantan (berwarna kusam) yang “menjepit” bagian kelamin ikan jantan lainnya yang bertubuh besar. Perilaku “menjepit” tersebut diyakini merupakan aksi yang dilakukan ikan ketika akan melakukan inseminasi atau kawin.

Video memperlihatkan, ikan betina yang berada di sekitar perilaku “gay” ikan jantan tersebut, menunjukkan aktivitas kelincahan dengan cara berenang di dekat ikan jantan tersebut. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal Biology Letters. Temuan ini juga menunjukkan, perilaku homoseksual dapat meningkatkan kemampuan ikan jantan untuk meneruskan gennya, dengan cara menarik ikan betina yang mungkin sebelumnya tidak tertarik pada ikan jantan tersebut. (fmh)

Sumber : http://techno.okezone.com