Search
Close this search box.

kontras. ©2012 Merdeka.com/arie basuki
kontras. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Ourvoice.or.id. Komisi orang hilang dan tindak kekerasan (KontraS) mendapatkan penghargaan ‘Human Rights Prize Emilio Mignino’ dari Duta Besar (Dubes) Argentina untuk Indonesia. Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Dubes Argentina Javier A Sanz de Urguiza.

“Penghargaan kepada Kontras bagi organisasi masyarakat sipil yang melakukan perjuangan dibidang HAM,” ujar Javier di kantor KontraS, Rabu (14/11).

Ketua Kontras, Haris Azhar, mengklaim penghargaan itu bentuk dorongan semangat agar terus bekerja memperjuangkan nilai kemanusiaan. Dia menegaskan penghargaan itu bukan hanya untuk KontraS semata.

“Penghargaan ini merupakan untuk para korban dan keluarganya yang telah menjadi pejuang kebenaran dan keadilan,” katanya.

Penghargaan yang datang Argentina merupakan hal yang istimewa. Haris menilai Argentina merupakan negara di mana terjadi perjuangan panjang terkait permasalahan HAM yang terjadi dalam 30 tahun terakhir. Perjuangan mereka mencari yang hilang dan berusaha mengadili para pelaku kejahatan tersebut.

“Tentu perjuangan para korban di Argentina juga tidak mudah, bervariasi, dan naik turun merongrong energi dan emosi,” paparnya. [lia]

Sumber : http://www.merdeka.com