Search
Close this search box.

Jakarta-C&R/OMG-Tiga film kategori queer (homoseksual, red) Indonesia tampil di Festival film Mix Copenhagen ‘Lesbian Gay BiTrans’ di Denmark, Jumat (19/10). Situs resmi festival menyebutkan, festival ini diadakan di Empire Bio Nørrebro, Copenhagen,digelar hingga 28 Oktober mendatang. Tiga film yang ditayangkan dalam ajang itu, adalah Lovely Man, Anak-anak Srikandi (Children of Sikandi), dan Dongeng Waria (Tales of Waria).

Lovely Man adalah film drama yang dirilis pada 2011 yang disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja. Film ini dibintangi Raihaanun dan Donny Damara. Film mengenai transgender ini diputar pertama kali di Q! Film Festival 2011. Film ini juga pernah tampil di Festival Film Asia yang mengantar Donny Damara menjadi Aktor Terbaik dan Teddy Soeriaatmadja dinominasikan sebagai sutradara terbaik. Film ini juga diputar di Festival Balinale 2012 di Bali.

Sementara film dokumenter Anak-anak Srikandi bercerita tentang seorang perempuan homoseksual (lesbian) di Indonesia. Film yang dirilis pada 2012 ini merupakan rangkaian delapan kisah nyata dan puitis yang dianyam menjadi satu dengan adegan wayang menceritakan kisah Srikandi, salah satu tokoh pewayangan Mahabharata. Film berdurasi 73 menit ini menceritakan seorang gadis kecil yang ingin menjadi anak laki-laki.

Sedangkan film dokumenter Dongeng Waria pernah tampil beberapa kali di festival film dunia, seperti di San Francisco International, Asian-American Film Festival yang ke-29 dan International Documentary Film Festival Amsterdam yang ke-25. Film yang digarap tahun2011 inibercerita tentang empat perempuan transgender yang sedang mencari cinta di Indonesia.

MIX Copenhagen ‘LesbianGayBiTrans Film Festival’ adalah festival film dari Denmark yang tertua dan salah satu festival film LGBT (lesbian, gay, bisexual,transgender) yang terbesar di dunia. Festival yang didirikan pada 1986 ini menayangkan hampir 60 film, 25 dokumenter, dan 30 film pendek yang digelar Oktober setiap tahunnya. Festival yang biasa disebut Mix Copenhagen ini dihadiri lebih dari 10 ribu orang tiap tahunnya. (Winda Rahmawati)

sumber : http://id.omg.yahoo.com