Search
Close this search box.

Turnamen Gay Pertama di Asia Selatan Digelar di Nepal (photo :http://photoblog.nbcnews.com)
Turnamen LGBT Pertama di Asia Selatan Digelar di Nepal (photo :http://photoblog.nbcnews.com)

Metrotvnews.com, Kathmandu: Pegiat hak asasi lesbian, gay, biseksual dan transgender di Nepal menggelar turnamen olahraga Asia Selatan pertama bagi para atlet lgbt. Turnamen digelar di Ibu Kota Kathmandu.

Penyelenggara mengatakan, lebih dari 300 atlet lgbt, dari 30 negara akan bertanding dalam kompetisi yang berlangsung tiga hari tersebut. Turnamen ini untuk mempromosikan hak asasi bagi kaum minoritas.

Homoseksualitas dilarang di banyak negara Asia Selatan, termasuk Bangladesh dan Pakistan. Di dua negara itu mereka bisa menghadapi tuntutan penjara seumur hidup. Sementara di Nepal, homoseksualitas dilegalkan tahun 2007 bersamaan berakhirnya pemerintahan monarki.

Hakim Mahkamah Agung Nepal memerintahkan pemerintahan demokrasi yang baru menjamin kesamaan hak bagi komunitas LGBTI (Lesbi, Gay, Biseksual, Transgender dan Interseks).

Meski telah mendapat kesamaan hak, tetapi pegiat hak asasi gay mengatakan komunitas LGBTI di Nepal masih menerima perlakuan diskriminasi dan cacian. Mereka menuntut pemerintah mencantumkan orientasi seksual mereka dalam dokumen resmi.

Turnamen ini digelar oleh Blue Diamond Society, kelompok hak asasi gay Nepal, dengan dukungan dari sejumlah kedutaan asing. Menurut Blue Diamond, individu dengan seksualitas minoritas sama mampunya dengan orang lain. Mereka bisa ambil bagian dalam aktifitas utama, seperti olahraga. Ini bertolak belakang dari kesalahpahaman tentang mereka saat ini.

Turnamen olahraga ini dibuka secara resmi oleh Greg Louganis, mantan peraih medali Olimpiade cabang loncat indah AS yang secara terbuka mengaku sebagai seorang gay. Dalam pidato pembukaan dia mendorong para peserta untuk ”menjaga semangat olahraga”.

Penyelenggara mengatakan, atlet dari Bangladesh dan Pakistan ikut terdaftar meski menghadapi bahaya akibat tentangan dari dalam negeri. Para atlet tidak mewakili negara mereka, tetapi sebagai individu dalam cabang olahraga atletik, sepak bola, badminton dan bola basket. (bbc/DOR)

sumber : http://www.metrotvnews.com

Bayangan pemain  berlatih voli selama upacara pembukaan  LGBT Sports Festival di Kathmandu, Nepal, 12 Oktober.(photo : http://photoblog.nbcnews.com)
Bayangan pemain berlatih voli selama upacara pembukaan LGBT Sports Festival di Kathmandu, Nepal, 12 Oktober.(photo : http://photoblog.nbcnews.com)
Para Atlet Lesbian Gay, Biseksual dan Transgender memegang bendera pelangi dalam  upacara pembukaan LGBT Sports Festival 12 oktober. Acara diselengarakan oleh Blue Diamond Society (organisasi yg memperjuangkan hak-hak lgbt di Nepal). Dan dibuka langsung oleh seorang politisi gay Nepal Sunil Babu Pant, yg juga pendiri  Blue Diamond Society. (photo : http://photoblog.nbcnews.com)
Para Atlet Lesbian Gay, Biseksual dan Transgender memegang bendera pelangi dalam upacara pembukaan LGBT Sports Festival 12 oktober. Acara diselengarakan oleh Blue Diamond Society (organisasi yg memperjuangkan hak-hak lgbt di Nepal). Dan dibuka langsung oleh seorang politisi gay Nepal Sunil Babu Pant, yg juga pendiri Blue Diamond Society. (photo : http://photoblog.nbcnews.com)

Polisi Nepal turut memberikan pengamanan kepada semua atlet yang sedang mengikuti kompetisi  LGBT Sports Festival di Kathmandu, 12 Oktober.(photo : http://photoblog.nbcnews.com)
Polisi Nepal turut memberikan pengamanan kepada semua atlet yang sedang mengikuti kompetisi LGBT Sports Festival di Kathmandu, 12 Oktober.(photo : http://photoblog.nbcnews.com)