Search
Close this search box.

Foto : Deputi Juru Bicara Human Rights Campaign, Charles Joughin
Foto : Deputi Juru Bicara Human Rights Campaign, Charles Joughin

Ourvoice.or.id. Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dipastikan memiliki dukungan suara dari kalangan minoritas gay di Amerika. Selama ini, mereka menilai Presiden Obama mampu memberikan harapan bagi komunitas mereka.

“Presiden Obama menjadi sekutu terhebat dari kami selama empat tahun terakhir. Kami harapkan hal tersebut akan berlanjut kembali empat tahun ke depan jika Presiden Obama kembali terpilih,” ujar Deputi Juru Bicara Human Rights Campaign, Charles Joughin, kepada wartawan di Washington, Jumat (28/9/2012).

Joughin menambahkan setiap warga berhak mendapatkan kesetaraan. “Saya kira ini sejalan dengan prinsip negara kami untuk tidak mendiskriminasi kalangan minoritas. Amerika adalah negara yang pada dasarnya sangat mengagungkan kesetaraan dari rakyatnya,” tuturnya.

Selama ini, masalah homoseksualitas turut menjadi perhatian dalam percaturan politik di Amerika. Salah satu yang menjadi kontroversi saat ini adalah pernikahan sejenis.

Presiden Obama sendiri mendukung pernikahan sejenis yang sudah diakui di beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Human Rights Campaign, menjadi kelompok utama dalam melakukan langkah politik untuk mengupayakan kesetaraan dari kalangan gay di Negeri Pam Sam.

Pernikahan sejenis sendiri amat ditentang oleh kalangan konservatif Amerika. Mereka pun menyuarakan ketidaksetujuannya melalui Partai Republik. Banyak dari mereka menilai pernikahan seharusnya dilakukan oleh pasangan heteroseksual bukan pasangan homoseksual.

Menurut HRC, pandangan banyak berubah dalam waktu lima tahun terakhir. Mereka menilai penegakan hak bagi kalangan gay makin terus perkembang positif.(AUL)

Penulis : Fajar Nugraha/http:international.okezone.com