Search
Close this search box.

Bendera Republik Ceko
Bendera Republik Ceko

Sebanyak 1.390 pasangan sejenis telah mendaftarkan diri menandatangi kemitraan sipil di Republik Ceko, sebagian besar adalah pasangan gay.

Sejak diakomodirnya kemitraan sipil pada tahun 2006 di Ceko, banyak pasangan sejenis yang mendaftarkan diri dalam catatan kemitraan sipil, menurut salah seorang aktifis lgbt Ceko, Milda Slehofer. pada Juli 2006 hingga Juni 2012, ada sekitar 963 pasangan gay  dan 427 pasangan lesbian mendaftarkan diri di catatan kemitraan sipil. Sebanyak 446 berasal dari Praha. Dan terdapat 130 kasus perceraian.

Republik Ceko adalah negara pasca-komunis pertama yang melegalkan pasangan sejenis menjalin  kemitraan sipil (civil union). Hukum pada kemitraan sipil sebenarnya tidak begitu jauh berbeda dengan pernikahan pada umumnya. diantaranya : hak waris, hak akan layanan kesehatan, hak akan kesejahteraan sosial.  Dan lain-lain. Namun ada beberapa negara yang tidak memungkinkan pasangan sejenis untuk melakukan adopsi.

Slehofer mengatakan bahwa,  kelompok mayoritas menentang kemitraan sipil itu adalah sebuah fakta.  Namun  lgbt sebagai warga Negara yang wajib dilindungi dan diberikan kesetaraan dalam segala bidang , ini juga adalah tanggung jawab Negara.

Slehofer menambahkan,  segala kewajiban sudah sangat jelas dilakukan oleh para lgbt, diantaranya kewajiban membayar pajak.  Apa ini masih belum bisa dikatakan lgbt warga Negara yang baik?”. Ungkap Slehofer dengan tegas.

Civil union, serikat sipil/kemitraan sipil adalah bentuk diakui secara hukum kemitraan mirip dengan pernikahan. segala hak dan kewajiban yang ada didalam pernikahan tradisoinal  seperti : hak waris, hak akan layanan kesehatan, hak akan kesejahteraan, harta gono-gini dan lain-lain. Diakomodir dalam kemitraan sipil.

Kemitraan sipil atau Civil union, tidak hanya berlaku pada pasangan sejenis, namun pasangan hetero juga bisa melakukan kemitraan sipil. Selain civil union ada juga domestic partnership, yaitu pasangan tinggal serumah tanpa ikatan pernikahan.  yang dijadikan pilihan tercantum dalam kemitraan sipil.

Sebelumnya ada beberapa Negara yang menerapkan Civil union diantaranya : California, Vermont, Inggris, Denmark, Australia dan lain-lain. Mereka yang mendaftar pada Civil union/kemitraan sipil mendapatkan benefit yang sama dengan pernikahan tradisional.

Lantas apa perbedaan dengan antara  pernikahan sejenis/gay married dengan Civil union/kemitraan sipil. Perbedaanya sangat jelas terlihat dari adanya pengakuan oleh Negara jika menerapkan gay married.  Sedangkan Civil union hanya sampai pada catatan dokumen pemerintah.

Ada perdebatan yang cukup panjang dari para pekerja Ham lgbt, tentang Civil union.  bagi sebagian aktifis mengatakan bahwa kemitraan sipil hanya menjadikan kelompok lgbt  subordinat dan tidak setara. Atau dengan kata lain sebuah perjuangan yang tanggung.

Tapi bila ditelaah lebih jauh civil union merupakan sebuah cara alternatif yang sangat bisa dipertimbangkan oleh Negara-negara yang mempunyai sikap abu-abu atau tidak tegas seperti Indonesia.

Penulis : Christopher Brocklebank/pinknews.co.uk/yatna pelangi