Search
Close this search box.

Tidak hanya bergerak di bidang teknologi saja, Microsoft nampaknya juga peka terhadap kepedulian sosial. Hal tersebut dibuktikan dengan kerja sama Microsoft dengan University of Southern California mengangkat tema HIV/AIDS secara online.

Untuk lebih memberitahukan kepada dunia akan pentingnya sex aman dengan menggunakan kondom, serta pengumpulan dana, sebagai bentuk solidaritas untuk para pekerja yang selama ini terus menyuarakan tentang bahaya virus HIV /AIDS. bentuk solidaritas berupa  mengumpulkan karya hias Quilt tersebut di National Mall, Washington DC. Sampai sekarang telah terkumpul lebih dari 50 ribu Quilt dengan berat total sekitar 53 ton dan apabila digelar semuanya, maka dapat menutupi permukaan seluas 1,3 juta kaki persegi dan akan terus bertambah luas.

Sampai sekarang telah terkumpul lebih dari 50 ribu Quilt dengan berat total sekitar 53 ton dan apabila digelar semuanya, maka dapat menutupi permukaan seluas 1,3 juta kaki persegi dan akan terus bertambah luas.

Untuk melihat semua permukaan yang tertutup oleh Quilt, tentunya bukan pekerjaan yang mudah. Oleh karenanya, seperti yang dirilis oleh Ubergizmo.com, Microsoft dibantu oleh University of Southern California mencoba membawa AIDS Memorial Quilt untuk ditampilkan secara online dengan menggunakan teknologi Microsoft Bing Mapping.

Dengan menggunakan teknologi tersebut, tim gabungan Microsoft dan University of Southern California menciptakan satu aplikasi yang memiliki fitur zoom in dan zoom out untuk melihat detail setiap Quilt serta perkembangannya.

AIDS Memorial Quilt atau NAMES Project AIDS Memorial Quilt ini merupakan satu program yang ide pertamanya didengungkan oleh seorang aktivis HIV/AIDS bernama Cleve Jones pada tahun 1985. Seperti yang ditulis oleh En.Wikipedia.org, Quilt sendiri merupakan simbol untuk menghormati orang-orang yang meninggal karena penyakit HIV/AIDS.

Tujuan utama dari Project Quilt ini untuk memberitahukan kepada dunia akan penyakit HIV/AIDS. Mulai kali pertama didirikan sampai sekarang, banyak komunitas dari seluruh dunia muncul untuk mengumpulkan apa yang dinamakan Quilt atau sejenis bad cover yang berisikan gambar atau seni lukis yang didedikasikan kepada semua penderita HIV/AIDS.

sumber : merdeka.com