Search
Close this search box.

[Liputan] Kumpul Anggota, Nostalgia Nonton Bulu Mata

 

SuaraKita.org – Pada ujung bulan November 2023, Suara Kita kembali melakukan Kumpul Anggota dengan agenda Nonton Bareng film Bulu Mata, film produksi Suara Kita tahun 2015.

Bulu Mata menceritakan soal kehidupan komunitas Transpuan di Serambi Mekkah dan lika-liku kehidupan mereka masing-masing. Ada yang kesulitan mendapatkan KTP, ada pula yang menceritakan hubungannya dengan keluarga, ada pula yang mempersiapkan diri untuk mengikuti kontes kecantikan.

Film buatan tahun 2015 ini memiliki konteks sebelum aturan Qanun Jinayah disahkan, sehingga kini di 2023 konteks film tersebut sudah tak lagi relevan. Ricky, salah satu peserta yang hadir menceritakan kehidupan teman-temannya di Aceh sudah begitu tertutup dan mereka harus bernegosiasi dengan penerapan syariat Islam.

Nonton Bareng kali ini dilakukan secara online, mengingat anggota Suara Kita tersebar di berbagai penjuru Indonesia, bahkan Dunia.

Di akhir film, bertepatan dengan 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (16HAKTP), seperti biasa kami melakukan diskusi kecil dengan isu SOGIESC yang dipandu Mia Olivia.

Pertanyaan muncul, mengapa kita sebagai Minoritas Gender dan Seksual harus juga ikut mengampanyekan 16HAKTP?

Peserta lainnya, Danu, menjawab, “karena kekerasan tidak dibenarkan kepada siapapun dan dari siapapun.” (Esa)