Search
Close this search box.

[Liputan] Nonton Bareng Film Bottoms: Melihat Kekerasan Berbasis Gender di Sekitar Kita

 

SuaraKita.org – Mengakhiri bulan Oktober, secara rutin Perkumpulan Suara Kita melakukan kumpul-kumpul Anggota. Pada kesempatan kali ini, pada 28 Oktober 2023, Suara Kita menggelar acara nonton bareng film Bottoms yang dilakukan secara Hybrid di Kantor Suara Kita, dan melalui Zoom.

Acara dimulai dengan menonton film, sembari menunggu peserta berdatangan. Film Bottoms bercerita soal dua karakter utama, PJ dan Josie, dua orang remaja lesbian yang tidak terlalu populer di sekolahnya, dan bagaimana cara mereka mendapatkan cinta mereka pada crush mereka, Isabel dan Brittany, dua orang cheerleaders yang terkenal di sekolah.

Salah satu hal yang dilakukan PJ dan Josie demi dilirik oleh kecengan mereka adalah membuat club pertahanan diri untuk perempuan di sekolahnya. Meskipun club ini tidak benar-benar direncanakan, namun di sinilah pertualangannya dimulai.

Film asal Amerika Serikat dengan durasi dua jam ini berhasil membuat peserta yang hadir tertawa terbahak-bahak dengan komedinya. Selain itu, ada juga pelajaran penting soal apa yang dinamakan dengan Consent.

Setelah nonton bareng selesai, peserta melakukan istirahat sembari menyantap hidangan ala kadarnya, dan kemudian dilanjutkan ke sesi diskusi soal Kekerasan Berbasis Gender. Diskusi juga dilakukan secara hybrid bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman teman-teman anggota Suara Kita soal SOGIESC. Dalam diskusi kali ini, peserta yang hadir dipersilahkan merefleksikan pengalamannya masing-masing terhadap film yang sebelumnya diputar. Setelah berdiskusi, peserta berfoto bersama. (Esa)