Search
Close this search box.

Suarakita.org – Setelah sebelumnya kita sudah membahas Queer Ecology, banyak yang bertanya, “memangnya ada hewan yang Queer?”.

Ketika mendengar perihal identitas gender dan seksual, mungkin Kamu hanya akan berpikir tentang manusia. Tetapi tahukah Kamu bahwa satwa liar di seluruh dunia juga ada yang menunjukkan perilaku homoseksual dan biseksual, ada pula yang dapat mengubah jenis kelamin atau menjadi kombinasi dari beberapa jenis kelamin?

Sayangnya, topik ini sebelumnya jarang diteliti. Namun saat ini mulai banyak penelitian yang akhirnya bermunculan. Berikut adalah beberapa contoh perilaku queer dalam kerajaan hewan.

Penguin

Sphen and Magic di SEA LIFE Aquarium, Sydney.

Dua penguin dengan jenis kelamin yang sama diketahui mengadopsi telur yang telah ditinggalkan oleh pasangan penguin heteroseksual, melindunginya, dan membesarkan anak bersama. Hal ini terjadi di beberapa kebun binatang yang tersebar di belahan Dunia, di antaranya:

Kuda Laut

Kuda Laut Jantan

Kuda laut adalah hewan yang pejantannya bisa hamil. Telur yang dihasilkan oleh kuda laut betina akan ditampung dan disimpan dalam perut kuda laut jantan. selama kurang lebih 6 Minggu.

Setelah kuda laut betina memberikan telur pada si jantan untuk disimpan di perutnya, dalam perut pejantan tersebut telur akan memperoleh pasokan makanan yang cukup.

Ikan Badut

Ikan Badut

Clownfish atau Ikan Badut dapat mengubah jenis kelamin secara alami. Ikan Badut awalnya lahir sebagai jantan dan ikan terbesar dalam kelompok clownfish selalu menjadi betina. Ikan Badut juga hermafrodit berurutan, yang berarti mereka pertama-tama berkembang menjadi jantan, dan kemudian menjadi betina setelah dewasa. 

Jika kemudian sang betina dominan mati, ikan clownfish jantan terbesar akan berubah menjadi betina dan menjadi pemimpin berikutnya. Karena pada Ikan Badut, betina yang kuat dan agresif berada di puncak hierarki mereka. (Esa)