Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Padahal biseksualitas sama validnya dengan seksualitas. Bahkan melalui orientasi seperti yang lain.

Kami akan menghilangkan beberapa kesalahpahaman yang paling umum tentang biseksualitas dan membahas apa artinya menjadi biseksual dalam artikel ini.

Pertama-tama, penting untuk dipahami bahwa istilah “biseksualitas” mengacu pada ketertarikan pada orang-orang dari kedua jenis kelamin, meskipun tidak selalu secara bersamaan atau pada tingkat yang sama.

Ini menunjukkan bahwa seseorang yang biseksual mungkin memiliki preferensi untuk satu jenis kelamin pada waktu yang berbeda dalam hidup mereka atau mungkin tertarik pada laki-laki dan perempuan secara setara.

Namun, biseksualitas seringkali dipandang hanya sebagai fase atau sarana untuk menarik perhatian.

Hal sebaliknya tidak diragukan lagi terjadi. Keterbukaan seksual adalah arah seksual yang murni dan substansial yang dapat muncul dari masa muda hingga dewasa, bahkan hingga usia lanjut.

Selain itu, tidak benar untuk menganggap bahwa biseksual tidak setia atau tidak bermoral.

Monogami dan kesetiaan tidak ada hubungannya dengan biseksualitas. Cara seorang biseksual memilih untuk menjalani seksualitas mereka sepenuhnya bersifat pribadi dan tidak boleh dinilai, seperti halnya dengan orientasi seksual lainnya.

Kesalahpahaman umum lainnya adalah bahwa orang biseksual tidak dapat memutuskan sendiri atau tidak yakin dengan orientasi seksual mereka. Namun, ini sama sekali salah.

Yang mendifinisikan biseksualitas adalah kemampuan seseorang untuk tertarik pada orang dari kedua jenis kelamin, bukan karena tidak mengetahui apa yang mereka inginkan.

Orang biseksual masih menghadapi banyak kendala dan diskriminasi, meskipun ada kemajuan dalam memperjuangkan hak-hak LGBTQ+.

Penolakan atau ketidaktampakan biseksualitas, juga dikenal sebagai Bi Erasure*, adalah masalah yang sering dihadapi oleh orang-orang biseksual dari semua lapisan masyarakat.

Pernyataan yang menyinggung, kurangnya representasi di media dan budaya populer, dan anggapan bahwa orang biseksual adalah homoseksual atau heteroseksual yang belum memutuskan orientasi seksualnya adalah tanda-tanda biseksualitas.

“Heteroseksualitas yang dirasakan” atau “homoseksualitas yang dirasakan” adalah manifestasi tambahan dari Bi Erasure.

Ketika orang biseksual menjalin hubungan dengan lawan jenis, mereka dianggap heteroseksual.

Di sisi lain, ketika seorang biseksual menjalin hubungan dengan seseorang yang berjenis kelamin sama, mereka dianggap gay atau lesbian.

Meskipun tidak mempengaruhi orientasi seksual seseorang yang sebenarnya, persepsi tentang orientasi tersebut dapat membuat mereka merasa tidak valid atau disalahpahami.

Kesalahpahaman lain tentang orang biseksual adalah bahwa mereka lebih mungkin mengidap HIV/AIDS atau penyakit menular seksual (PMS) lainnya.

Ini adalah fabrikasi lengkap. Kemungkinan tertular HIV/AIDS atau penyakit menular seksual tidak terkait dengan orientasi seksual.

Daripada orientasi seksual seseorang, risiko seseorang tertular PMS atau HIV/AIDS ditentukan oleh perilaku seksual dan tindakan perlindungan yang mereka ambil.

Selain itu, orang biseksual kurang terwakili dalam budaya populer dan media.

Mereka sering digambarkan tidak yakin dengan orientasi seksual mereka, tidak memilih pasangan, tidak setia, atau ragu-ragu.

Orang yang mengidentifikasi sebagai biseksual mungkin mengalami perasaan terpinggirkan atau tidak terlihat sebagai akibatnya.

Penggambaran keterbukaan seksual yang positif dan tepat di media dan masyarakat arus utama sangat penting untuk membuat masyarakat yang lebih komprehensif dan lunak.

Orang biseksual mungkin juga kesulitan menemukan pasangan, selain mengalami stigma dan diskriminasi.

Karena diyakini bahwa mereka pada akhirnya akan bosan dengan satu pasangan dan mencari sesuatu yang baru, mereka sering menolak kemungkinan hubungan jangka panjang.

Mitos ini sama sekali tidak benar. Kapasitas untuk tetap berada dalam hubungan monogami untuk waktu yang lama tidak ada hubungannya dengan biseksualitas.

Sama halnya dengan beberapa arah seksual lainnya, bagaimana seorang individu yang terbuka secara seksual memutuskan untuk mengalami seksualitas mereka bersifat pribadi dan tidak boleh dihakimi.

Generalisasi lain yang dihadapi individu yang terbuka secara seksual adalah bahwa mereka hanya “sementara waktu” atau “dalam masa kekacauan”.

Kaum muda yang baru mulai mengeksplorasi seksualitas mereka mungkin menganggap ini sangat menantang.

Penting untuk diingat bahwa biseksualitas adalah orientasi seksual yang nyata dan sah dan bukan mode atau tren.

Sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang inklusif untuk mendorong orang biseksual mengeksplorasi seksualitas mereka secara sehat dan aman tanpa takut dihakimi. (R.A.W)

*Bi erasure adalah tidak atau kurang diakuinya, diragukannya, dan/atau diabaikannya identitas biseksual seseorang.Bentuk-bentuk penghapusan ini di antaranya dengan mengabaikan, mendiskriminasi, dan mengantagoniskan seseorang yang biseksual.

Sumber:

medium