Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Seksualitas umumnya dianggap sebagai spektrum. Jika itu benar, apakah ada yang benar-benar heteroseksual? Apakah hal itu mengaburkan label apa yang dimaksud dengan heteroseksual? Sebuah penelitian yang diterbitkan di Archives of Sexual Behavior mengeksplorasi preferensi dan pengalaman seksual orang-orang yang mengidentifikasi diri sebagai heteroseksual.

Seksualitas adalah topik yang rumit bagi banyak orang dan seksualitas yang menyimpang dari norma heteroseksualitas seringkali mendapat stigma. Pengalaman atau perasaan sesama jenis dapat mengancam orang yang mengidentifikasi diri sebagai heteroseksual dan dapat memiliki dampak emosional yang membuat mereka mempertanyakan orientasi seksual mereka. Dari tahun 1939 hingga 1976, Spanyol berada di bawah kediktatoran yang mengkriminalkan homoseksualitas.

Meskipun pernikahan dan adopsi gay sekarang legal di Spanyol, diskriminasi dan prasangka tetap ada dan dapat berdampak signifikan pada cara orang mengidentifikasi atau memahami seksualitas dan gender mereka. penelitian ini berupaya memahami pengalaman sesama jenis dari orang-orang yang mengidentifikasi dirinya sebagai heteroseksual di Spanyol.

Untuk penelitian mereka, Juan E. Nebot-Garcia dan rekan menggunakan data dari 2.900 peserta heteroseksual Spanyol yang mengambil bagian dalam penelitian yang lebih besar tentang keragaman dan orientasi seksual. Peserta direkrut melalui media sosial dan menyelesaikan kuesioner secara online. Usia partisipan berkisar antara 18 hingga 40 tahun dan sampel didominasi oleh perempuan.

Peserta menyelesaikan kuesioner tentang pengalaman sesama jenis, identifikasi orientasi seksual, ketertarikan seksual, niat perilaku terhadap individu sesama jenis dan lawan jenis, apresiasi estetika terhadap sesama jenis, dan ketidaknyamanan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31,5% perempuan dan 13,2% laki-laki yang diidentifikasi sebagai heteroseksual dilaporkan merasa tertarik pada individu dengan jenis kelamin yang sama.

Di antara pengalaman paling tidak nyaman yang teridentifikasi adalah berhubungan seks dengan seseorang yang berjenis kelamin sama atau bermimpi tentang seseorang yang berjenis kelamin sama.

“Yang pertama dapat menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan karena itu adalah perilaku yang paling eksplisit dan memerlukan paparan sosial dan intim yang lebih besar. Ketidaknyamanan di sekitar erotika mungkin terkait dengan sifat tidak sadar dari mimpi itu sendiri dan karena itu adalah manifestasi dari motivasi dan keinginan laten dari alam bawah sadar, ”jelas para peneliti.

Perempuan secara signifikan lebih cenderung menunjukkan bahwa mereka akan melakukan perilaku seksual dengan seseorang yang berjenis kelamin sama daripada laki-laki. Peserta laki-laki menunjukkan tingkat ketidaknyamanan yang lebih tinggi dengan ide pengalaman erotis dengan sesama jenis. Perbedaan gender ini kemungkinan terlihat karena peran gender yang ketat yang meresap, terlepas dari semua langkah yang diambil menuju kemajuan dalam beberapa tahun terakhir.

“Temuan kami menawarkan informasi berharga tentang keragaman seksual di kalangan heteroseksual, yang seringkali disertai dengan tingkat ketidaknyamanan yang signifikan terkait manifestasi seksual yang berbeda,” kata para peneliti. “Hal ini dapat membatasi pengalaman, kenikmatan, dan perkembangan penuh seksualitas, terutama di kalangan laki-laki heteroseksual.”

Penelitian ini mengambil langkah-langkah penting untuk lebih memahami nuansa seksualitas pada orang-orang yang mengidentifikasi dirinya sebagai heteroseksual. Meskipun demikian, ada batasan yang perlu diperhatikan. Salah satu batasan tersebut adalah bahwa sampel didominasi oleh perempuan, yang dapat membuat perbedaan gender menjadi kurang akurat. Selain itu, penelitian ini menggunakan laporan diri dengan topik terstigmatisasi dan hasilnya rentan terhadap bias keinginan sosial.

“Temuan ini khusus untuk Spanyol, yang merupakan negara di mana kemajuan legislatif hidup berdampingan dengan tradisi agama dan kejantanan yang tak tergoyahkan,” catat para peneliti. “Jelas bahwa ada kebutuhan untuk terus mempelajari orientasi seksual sebagai konstruksi kompleks untuk memasukkan keragaman afektif-seksual yang mencirikan populasi secara keseluruhan.” 

Penelitian, “What Does Heterosexuality Mean? Same-Sex Attraction, Behaviors, and Discomfort Among Self-Identified Heterosexual Young Adults from Spain, ditulis oleh Juan E. Nebot-Garcia, Cristina Giménez-García, Marta García-Barba, María Dolores Gil-Llario, dan Rafael Ballester- Arnal. (R.A.W)

Jurnal penelitian dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2023/02/What-Does-Heterosexuality-Mean-Same-Sex-Attraction-Behaviors-and-Discomfort-Among-Self-identified-Heterosexual-Young-Adults-from-Spain.pdf”]

Sumber:

Archives of Sexual Behavior 

psypost