Search
Close this search box.

Kim Petras dan Sam Smith menerima penghargaan Best Pop Duo/Group Performance untuk lagu “Unholy” di atas panggung selama GRAMMY Awards ke-65 di Crypto.com Arena pada 5 Februari 2023 di Los Angeles, California. Foto Kevin Winter/Getty

SuaraKita.org – Sejarah LGBTQ dibuat di Grammy Awards 2023. Pada hari Minggu, Kim Petras dan Sam Smith menerima penghargaan dalam kategori Kolaborasi Duo/Grup Pop Terbaik untuk lagu mereka “Unholy”, menjadikan Kim Petras transpuan pertama yang memenangkan Grammy dalam kategori tersebut.
Mereka berdua berjalan di atas panggung bersama, tetapi Sam Smith berdiri di belakang Kim Petras dan memberinya mikrofon. “Sam dengan murah hati ingin saya menerima penghargaan ini karena saya transpuan pertama yang memenangkan penghargaan ini,” kata Kim Petras.
“Saya hanya ingin berterima kasih kepada semua legenda transgender yang luar biasa sebelum saya yang membukakan pintu ini untuk saya sehingga saya bisa berada di sini malam ini,” katanya, sebelum merujuk mendiang produser nominasi Grammy Sophie, yang meninggal pada tahun 2020.
“Sophie terutama, teman saya yang meninggal dua tahun lalu, memberi tahu saya bahwa ini akan terjadi dan selalu percaya pada saya,” katanya. “Terima kasih banyak atas inspirasimu, Sophie. Aku memujamu dan inspirasimu akan selamanya ada dalam musikku.”
Kim Petras juga berterima kasih kepada Madonna karena “memperjuangkan hak LGBTQ” sebelum menyampaikan pidatonya kepada ibunya, yang katanya mendukungnya sepanjang perjalanannya.
“Saya tumbuh di samping jalan raya di Jerman,” katanya. “Dan ibu saya mempercayai saya bahwa saya adalah seorang gadis dan saya tidak akan berada di sini tanpa dia dan dukungannya dan semua orang yang percaya pada saya sampai saat ini.”
Dia mengakhiri pidatonya dengan kembali ke Sam Smith. “Ini momen besar bagiku, Sam. Terima kasih. Anda adalah malaikat dan pahlawan sejati dalam hidup saya. Dan aku juga mencintaimu dan semua orang yang membuat lagu itu. Aku sangat mencintai kalian. Maaf, saya tidak menuliskan nama-namanya!”
“Unholy” yang dibawakan oleh KImPetras dan Sam Smith dinominasikan dalam kategori Best Pop Duo/Group Performance, selain Camila Cabello dan Ed Sheeran “Bam Bam”, Coldplay dan BTS “My Universe”, Post Malone dan Doja Cat “I Like You (A Happier Song).
Kemenangan untuk “Unholy” menandai Grammy kelima Sam Smith setelah memenangkan kategori Record and Song of the Year untuk lagu “Stay With Me” pada tahun 2015. Tahun itu, In the Lonely Hour memenangkan Album Vokal Pop Terbaik dan dia juga dinobatkan sebagai Artis Pendatang Baru Terbaik. (R.A.W)
Sumber:
Rolling Stones